Presiden Tiongkok Xi Jinping bertemu dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau di KTT G20. Foto: Independent
Presiden Tiongkok Xi Jinping bertemu dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau di KTT G20. Foto: Independent

Terungkap, Xi Jinping Omeli PM Kanada Justin Trudeau di KTT G20

Fajar Nugraha • 17 November 2022 11:43
Nusa Dua: Presiden Tiongkok Xi Jinping tertangkap kamera omeli Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, karena diduga membocorkan rincian pertemuan tertutup mereka di KTT G20 di Bali. Omelan Xi itu diutarakan pada Rabu.
 
Cuplikan yang dipublikasikan oleh media Kanada itu memperlihatkan kedua pemimpin terlibat diskusi hangat melalui penerjemah di sela-sela pertemuan para pemimpin dunia di Bali.
 
"Itu tidak pantas, dan kami tidak melakukannya dengan cara itu," kata Xi dalam bahasa Mandarin sambil tersenyum, seperti dikutip AFP.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Semua yang kami diskusikan telah bocor ke publik,” kata Xi kepada Trudeau.
 
“Jika ada ketulusan, kita dapat berkomunikasi dengan baik dengan saling menghormati, jika tidak, hasilnya tidak akan mudah diketahui,” tambah Xi.
 
Melansir New York Post, Rabu, 16 November 2022 Trudeau menjawab bahwa Kanada percaya pada dialog yang bebas dan terbuka dan jujur. Dia kemudian menyebutkan bersedia bekerja secara konstruktif dengan Xi, tetapi akan ada hal-hal yang tidak akan disetujui.
 
”Mari kita kondisikan dulu,” balas Xi sebelum menjabat tangan Trudeau dan pergi.
 
Tampilan ketidaksenangan publik yang jarang oleh Xi kemungkinan merujuk pada laporan media bahwa Trudeau mengangkat kekhawatiran serius selama pembicaraan tatap muka mereka Selasa tentang tuduhan bahwa Tiongkok ikut campur dalam pemilihan Kanada.
 
Trudeau mengatakan kepada wartawan bahwa tidak setiap percakapan akan mudah.
 
“Saya pikir penting bagi warga Kanada dalam demokrasi, bahwa warga negara dalam demokrasi, diberi tahu tentang pekerjaan yang dilakukan para pemimpin atas nama mereka,” kata Trudeau.
 
“Dan saya tidak akan menghindar untuk bersikap terbuka dengan orang Kanada, bahkan saat kita membahas hal-hal yang penting dan terkadang sensitif,” pungkas Perdana Menteri Trudeau.(Mustafidhotul Ummah) 
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif