Warga mengantre tes Covid-19 di Beijing, Tiongkok. (AFP)
Warga mengantre tes Covid-19 di Beijing, Tiongkok. (AFP)

Situasi Terbaru Covid-19 Tiongkok Picu Kegelisahan di Seluruh Dunia

Willy Haryono • 28 Desember 2022 18:00
Beijing: Perubahan kebijakan secara mendadak yang dilakukan Tiongkok dalam menangani Covid-19 memicu kegelisahan di seluruh dunia. Sejumlah negara mulai memberlakukan aturan baru terkait lonjakan kasus Covid-19 di Tiongkok, dan Amerika Serikat (AS) pun mewacanakan hal serupa.
 
Pada Senin malam, Tiongkok mencabut aturan karantina bagi semua pendatang mulai 8 Januari mendatang. Aturan tersebut merupakan salah satu bagian terakhir dari kebijakan "Nol Covid" Tiongkok.
 
Langkah tersebut disambut gembira sejumlah warga Tiongkok, yang bergegas memesan tiket penerbangan internasional untuk berlibur. Kondisi ini memicu lonjakan harga tiket.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di waktu bersamaan, banyak rumah sakit di Tiongkok kewalahan menangani gelombang pasien Covid-19 yang sebagian besarnya adalah orang lanjut usia. Sejumlah krematorium juga mengalami masalah serupa.
 
Jurnalis AFP melihat puluhan pasien Covid-19 lansia yang terbaring di unit gawat darurat sebuah rumah sakit di Tianjin, kota yang berjarak sekitar 140 kilometer dari ibu kota Beijing, pada Rabu ini, 28 Desember 2022.
 
"Staf medis didorong untuk terus bekerja meski mereka dinyatakan positif Covid-19," kata seorang dokter di rumah sakit tersebut.
 
Sejumlah negara khawatir akan muncul varian baru Covid-19 dari Tiongkok, di saat Beijing tengah menghadapi lonjakan terbesar dalam hal infeksi harian.
 
Selasa malam tadi, otoritas AS berencana memberlakukan aturan baru Covid-19 terhadap semua pelancong dari Tiongkok. Jepang dan India sudah memberlakukan aturan semacam itu sebelumnya.
 
"Ada kekhawatiran yang meningkat di tengah komunitas internasional mengenai lonjakan Covid-19 di Tiongkok dan minimnya transparansi data," ucap sejumlah pejabat AS.
 
"Amerika Serikat mempertimbangkan mengambil langkah serupa seperti Jepang dan Malaysia," sambung mereka.
 
Taiwan, pulau yang belakangan bersitegang dengan Tiongkok, juga berencana melakukan tes Covid-19 kepada semua pelancong asal Negeri Tirai Bambu.
 
Baca:  AS Pertimbangkan Aturan Baru Covid-19 untuk Pelancong dari Tiongkok
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id

 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif