Ilustrasi grafik gempa bumi. (AFP)
Ilustrasi grafik gempa bumi. (AFP)

Gempa Bumi Magnitudo 6,9 Guncang Fiji, Tak Ada Ancaman Tsunami

Willy Haryono • 12 November 2022 19:39
Suva: Sebuah gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,9 mengguncang Fiji, Sabtu, 12 November 2022. Menurut catatan Badan Survei Geologi Amerika Serikat atau USGS, episentrum gempa berkisar 399 kilometer dari Suva dengan kedalaman 587,2 km.
 
Dikutip dari Mint, sistem peringatan gelombang tsunami AS melaporkan tidak adanya ancaman tsunami terkait gempa bumi terbaru di Fiji.
 
"Tidak ada peringatan tsunami di Hawaii terkait gempa magnitudo 6,7 di dekat Fiji yang terjadi pada Sabtu, sekitar pukul 09.09," tulis Agensi Manajemen Darurat Hawaii via Twitter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fiji adalah sebuah negara Melanesia yang berlokasi di Samudra Pasifik, sekitar 3.000 km dari pesisir timur Australia.
 
Sekitar 300 pulau dan 540 pulau kecil membentuk negara kepulauan Fiji, dengan luas wilayah berkisar 3.000.000 meter persegi. Sebanyak 100 dari 300 pulau di Fiji dihuni masyarakat.
 
Ibu kota Fiji, Suva, terletak di pulau terbesar bernama Viti Levu. Suva berlokasi di pesisir tenggara negara tersebut.
 
Total populasi Fiji berkisar 925.000, di mana 87 persen di antaranya tinggal di dua pulau utama, yaitu Viti Levu dan Vanua Levu.
 
Sebelumnya pada hari ini, gempa berkekuatan magnitudo 7,3 melanda Tonga. Gempa berpusat sekitar 211 kilometer dari ibu kota Nuku'alofa.
 
Besarnya guncangan gempa membuat Pemerintah Tonga mengeluarkan peringatan bahaya tsunami, walau kemudian dicabut beberapa waktu setelahnya.
 
Baca:  Gempa Bumi Magnitudo 6,0 Guncang Lepas Pantai Fiji
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif