Kuala Lumpur: Malaysia International Halal Showcase atau MIHAS siap mencetak terobosan selanjutnya pada 2024, setelah di tahun sebelumnya berhasil menyabet Rekor Dunia Guinness sebagai pameran dagang produk halal dengan partisipasi tertinggi.
Rekor Guinness tersebut telah terverifikasi, dan penghargaannya diserahkan di sesi pembukaan MIHAS 2024 di kompleks Malaysia International Trade and Exhibition Centre (MITEC) di Kuala Lumpur, Malaysia pada Selasa, 17 September 2024.
MIHAS tahun ini diprediksi menarik lebih dari 40,000 pengunjung dan menghadirkan 2,000 lebih stan serta pembeli dan peserta pameran internasional dari 66 negara yang akan menghadiri pameran dan Program Pengadaan Internasional (INSP). Seperti tahun-tahun sebelumnya, MIHAS difasilitasi oleh Kementerian Investasi, Perdagangan dan Industri Malaysia (MITI) dan diselenggarakan Malaysia External Trade Coproration (MATRADE).
Dalam sesi pembukaan MIHAS 2024, Menteri Investasi, Perdagangan dan Industri Malaysia Yang Terhormat Senator Tengku Datuk Seri Utama Zafrul Bin Tengku Abdul Aziz mengatakan bahwa sebagai pameran perdagangan internasional terbesar di dunia untuk produk dan layanan halal, MIHAS telah memberikan manfaat bagi hampir 17.000 eksportir Malaysia dan pembeli asing sejak didirikan pada 2004.
''Pameran ini telah menghasilkan total penjualan hampir RM25 miliar, menarik 500.000 pengunjung dagang dan secara signifikan meningkatkan profil Malaysia di panggung global,” imbuhnya. MIHAS 2024 menargetkan volume penjualan hingga RM3,5 miliar.
Tiongkok, Indonesia, Arab Saudi, Korea Selatan, dan Thailand memimpin dalam partisipasi internasional di MIHAS 2024, yang menunjukkan jangkauan global dari acara ini. Dengan peserta pameran dari hampir setiap benua yaitu Asia, Afrika, Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Oceania, hal ini menunjukkan status MIHAS sebagai ajang internasional terkemuka, yang menarik beragam peserta dari seluruh dunia.
Baca juga: MIHAS Raih Rekor Guinness sebagai Pameran Dagang dengan Partisipasi Tertinggi
Jaringan Penjual dan Pembeli
MIHAS 2024, yang mencakup 13 klaster yang sudah ada ditambah kategori baru - Bahan Makanan Halal, akan menawarkan pengalaman beragam yang tidak hanya melalui pameran, tetapi juga beberapa program utama yang dirancang meningkatkan dampaknya.
Salah satu program tersebut adalah International Sourcing Programme (INSP) yang akan memfasilitasi pertemuan bisnis, menghubungkan 330 pembeli internasional dengan 800 penjual Malaysia. Targetnya adalah nilai sumber potensial sebesar RM1,7 miliar.
Selain itu, ada juga Program Pembeli Tuan Rumah MIHAS 2024 yang bertujuan membina hubungan strategis antara 50 pembeli lokal dan internasional peserta pameran, mendorong transaksi bisnis, dan meningkatkan peluang jaringan.
Menurut Yang Berbahagia Datuk Mohd Mustafa Abdul Aziz, Chief Executive Officer MATRADE, pembeli yang sudah dipilih dengan cermat dan telah memenuhi syarat akan menjalani proses pemeriksaan sebelum dipasangkan dengan peserta pameran berdasarkan kebutuhan industri spesifik mereka. Kedua pihak difasilitasi melalui platform daring dan koordinator program khusus.
“Sekitar 250 pertemuan bisnis telah diatur sebelumnya untuk program ini yang akan berlangsung dari 17 hingga 19 September 2024,” ujar Datuk Mohd Mustafa Abdul Aziz.
MIHAS juga akan menyelenggarakan sesi Knowledge Hub pada 19 September 2024. Sesi "Meet the Experts" bertujuan memberikan wawasan berharga dari para pemimpin industri dan mempromosikan inovasi dalam ekonomi Halal kepada para peserta.
Di hari terakhir pada 20 September, MATRADE akan menyelenggarakan Penghargaan MIHAS untuk merayakan keunggulan dalam industri, yang menampilkan kategori seperti Penghargaan Produk & Layanan Unggulan, Penghargaan Produk Inovatif & Services Awards, dan Sustainability Award baru, yang mengakui perusahaan yang berkomitmen untuk mengintegrasikan keberlanjutan ke dalam operasi mereka. Bersama-sama, berbagai elemen ini akan mengangkat MIHAS 2024 sebagai acara utama untuk pengakuan bisnis, pengetahuan, dan industri.
Ekspansi Internasional
Ke depannya, MATRADE akan meluncurkan MIHAS@Dubai di Pameran Produk Organik dan Alami Timur Tengah dari tanggal 18 hingga 20 November 2024. Acara MIHAS di Dubai ini akan menandai ekspansi internasional dari pameran halal andalan Malaysia tersebut.
Dengan target penjualan sebesar RM1,0 miliar, inisiatif ini akan menampilkan lebih dari 200 stan yang terdiri dari kementerian, lembaga, pemerintah daerah, dan UKM, di paviliun seluas 2.000 meter persegi. Langkah strategis ini menggarisbawahi semakin menonjolnya MIHAS di kancah global dan memperkuat posisinya sebagai platform internasional terkemuka.
MIHAS 2024 akan terus memacu pertumbuhan sektor halal dengan memamerkan inovasi terbaru dalam produk dan layanan halal, mulai dari teknologi pangan hingga praktik berkelanjutan, dan juga menyediakan platform bagi para pelaku industri untuk bertukar ide dan mengeksplorasi perkembangan baru.
Pameran ini juga memperluas jejak halal global bagi para peserta pameran dan pengunjung internasional, sekaligus menjadi pintu gerbang bagi para pelaku bisnis lokal untuk memasuki pasar baru. Perluasan fokus pada pasar non-tradisional tahun ini, termasuk Amerika Latin dan Afrika, akan semakin memperluas pengaruh Malaysia dalam industri halal.
Cek Berita dan Artikel yang lain di