Topan Noru menghantam Filipina dan menewaskan enam orang. Foto: AFP
Topan Noru menghantam Filipina dan menewaskan enam orang. Foto: AFP

Nahas, Regu Penyelamat Tewas saat Topan Noru Hantam Filipina

Fajar Nugraha • 26 September 2022 16:27
Manila: Topan terkuat yang melanda Filipina tahun ini menewaskan sedikitnya enam orang, kata pihak berwenang Senin, 26 September 2022. Lima dari korban tewas diketahui sebagai regu penyelamat.
 
Topan disertai hujan lebat dan angin kencang menerjang pulau terpadat di negara itu. Topan Noru menumbangkan pohon, mematikan listrik dan membanjiri masyarakat dataran rendah saat menyapu Luzon pada Minggu dan Senin.
 
Sejauh ini belum ada laporan kerusakan parah yang meluas akibat badai, yang melanda negara itu sebagai topan super.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami siap untuk semua ini," kata Presiden Ferdinand Marcos Jr dalam pengarahan dengan badan-badan bencana, seperti dikutip AFP.
 
"Kamu mungkin berpikir bahwa kami berlebihan. Tidak ada yang namanya berlebihan dalam hal bencana,” jelasnya.
 
Lima penyelamat tewas setelah mereka dikirim untuk membantu warga yang banjir di kota San Miguel di provinsi Bulacan, dekat ibu kota Manila.
 
"Mereka dikerahkan oleh pemerintah provinsi ke daerah banjir," kata Letnan Kolonel Romualdo Andres, kepala polisi di San Miguel.
 
Andres mengatakan tim penyelamat sedang mengarungi banjir ketika dinding di samping mereka runtuh, mengirim mereka ke arus deras.
 
Sementara seorang pria tua meninggal setelah dia terkena tanah longsor di kotamadya Burdeos di Pulau Polillo, bagian dari Provinsi Quezon, tempat badai itu mendarat, kata Garner Jimenez dari kantor pertahanan sipil setempat.
 
Filipina secara teratur dirusak oleh badai, dengan para ilmuwan memperingatkan mereka menjadi lebih kuat ketika dunia menjadi lebih hangat karena perubahan iklim.
 
Noru menghantam negara kepulauan itu pada Minggu setelah ‘intensifikasi eksplosif’ yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam kecepatan angin,” kata peramal cuaca negara sebelumnya.
 
Topan membuat pendaratan sekitar 100 kilometer timur laut dari ibukota padat penduduk Manila, sebelum melemah menjadi topan saat melintasi pegunungan, perkebunan kelapa dan sawah.
 
Hampir 75.000 orang dievakuasi dari rumah mereka sebelum badai melanda, karena badan meteorologi memperingatkan hujan lebat dapat menyebabkan "banjir serius" di daerah-daerah yang rentan, memicu tanah longsor dan menghancurkan tanaman.
 
Tetapi pada Senin tidak ada tanda-tanda kehancuran luas yang ditakuti banyak orang, ketika badai bergerak di atas Laut China Selatan menuju Vietnam.
 
Rekaman udara yang diambil selama penerbangan inspeksi Marcos di atas Luzon tengah menunjukkan sungai yang meluap atau meluap, dan lahan pertanian terendam air.

Angin bersiul

Kota Burdeos di pulau Polillo menanggung beban Noru. Angin kencang merobek beberapa atap dan merobohkan pohon-pohon besar sementara hujan lebat membanjiri rumah-rumah di tepi sungai, kata Ervin Calleja, seorang guru berusia 49 tahun.
 
"Itu benar-benar mengkhawatirkan," kata Calleja kepada AFP melalui telepon.
 
"Angin bersiul dan hujan deras. Itu bagian yang lebih berbahaya,” tutur Calleja.
 
Rumah-rumah yang rapuh di sepanjang pantai rusak dan beberapa tanaman musnah.
 
"Di sini, di pusat kota, semua pohon pisang diratakan, 100 persen," kata Liezel Calusin, anggota tim pertahanan sipil di kotamadya Polillo.
 
"Kami masih tidak memiliki listrik, tetapi telepon berfungsi,” imbuhnya.
 
Di desa Banaba dekat Manila, Terrence Reyes meninggalkan rumahnya di tepi sungai bersama keluarga dan tetangganya saat air banjir naik selama badai.
 
Mereka kembali ke rumah pada hari Senin untuk menemukan barang-barang mereka basah kuyup dan berlapis lumpur.
 
"Kita hanya perlu membuangnya dan memulai dari awal lagi. Itu terjadi setiap kali ada badai di sini,” kata Reyes, 25 tahun.
 
Filipina - peringkat di antara negara-negara yang paling rentan terhadap dampak perubahan iklim - dilanda rata-rata 20 badai setiap tahun.

 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif