Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan o-cha inginkan vaksin covid-19 terjangkau. Foto: AFP
Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan o-cha inginkan vaksin covid-19 terjangkau. Foto: AFP

PM Thailand Ingin Vaksin Covid-19 Harus Jadi Barang Publik Global

Internasional ktt asean vaksin covid-19 Prayuth Chan-ocha
Fajar Nugraha • 12 November 2020 16:46
Hanoi: Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan o-cha desak vaksin covid-19 yang setelah tersedia, harus menjadi ‘barang publik global’.Prayut menginginkan vaksin yang terjangkau dan dapat diakses semua orang.
 
Hal Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan o-cha pada KTT ASEAN ke-37 dalam pertemuan hari ini. Vietnam saat ini memegang keketuaan ASEAN tahun ini.
 
Prayuth mengatakan negara-negara anggota ASEAN harus memperkuat kerja sama kesehatan masyarakat dan mencapai Keamanan Vaksin ASEAN dan Kemandirian yang diadopsi pada KTT ASEAN ke-35 di Bangkok tahun lalu, agar vaksin tersedia untuk semua.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“ASEAN dapat memanfaatkan COVID-19 ASEAN Response Fund untuk mendukung distribusi vaksin di kawasan,” ujarnya saat sidang paripurna di KTT tersebut, seperti dikutip Bernama, Kamis 12 November 2020.
 
Prayuth, yang juga Menteri Pertahanan, menghadiri pertemuan dua tahunan yang diadakan hampir dari Bangkok.
 
Ia mengatakan, Pemerintah Thailand telah bekerja sama dengan berbagai sektor dalam pengembangan vaksin covid-19 dan obat antivirus untuk pengobatan covid-19, dan siap berbagi kesuksesan dengan negara anggota ASEAN.
 
“Thailand mendukung pembentukan ASEAN Regional Reserve of Medical Supplies (RRMS) untuk Keadaan Darurat Kesehatan Masyarakat dan berkomitmen untuk memberikan kontribusi awal untuk obat-obatan dan perbekalan medis yang diperlukan,” kata Prayuth.
 
Selain itu, Prayuth mengatakan negara anggota ASEAN harus bekerja sama untuk menjaga stabilitas kawasan guna menciptakan lingkungan yang kondusif dalam menanggulangi pandemi covid-19 dan pemulihan ekonomi.
 
“Dalam pertemuan mendatang dengan mitra wicara dalam beberapa hari ke depan, negara-negara anggota ASEAN harus bersatu dalam mengirimkan pesan kepada negara-negara besar tentang perlunya mencari kesamaan dan mengesampingkan perbedaan untuk menghindari konfrontasi di kawasan. Selain juga mempromosikan kerja sama yang saling menguntungkan,” ungkapnya.
 
“ASEAN harus bekerja untuk mempromosikan multilateralisme dan regionalisme serta mempertahankan sentralitas ASEAN dalam arsitektur kawasan. Tentunya dengan menggunakan Pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik sebagai alat untuk mendorong negara-negara besar untuk berinteraksi secara konstruktif dengan ASEAN yang akan berkontribusi pada sosio kawasan yang berkelanjutan untuk pembangunan ekonomi,” ujarnya.
 
Prayuth mengatakan, Thailand mendukung pembentukan Pengaturan Koridor Perjalanan ASEAN dengan mempertimbangkan langkah-langkah kesehatan masyarakat yang bijaksana. Dia mendukung hal ini untuk memfasilitasi perjalanan bisnis yang penting di ASEAN dan memulihkan kegiatan ekonomi kawasan.

 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif