Menlu Retno Marsudi saat pertemuan informal Menlu ASEAN. Foto: Dok. Kemenlu RI
Menlu Retno Marsudi saat pertemuan informal Menlu ASEAN. Foto: Dok. Kemenlu RI

Jokowi Dorong Pemulihan Ekonomi Melalui Koridor Wisata ASEAN

Internasional ktt asean joko widodo
Marcheilla Ariesta • 26 Juni 2020 13:27
Jakarta: Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya peran ASEAN di dalam navigasi perubahan geopolitik saat ini. Karenanya, ada dua hal yang disampaikan presiden agar komunitas kawasan Asia Tenggara bisa kuat menghadapi perubahan tersebut, salah satunya dengan percepatan pemulihan ekonomi ASEAN.
 
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan dalam pertemuan tingkat tinggi ASEAN (KTT ASEAN) yang digelar secara virtual, Presiden Jokowi menyampaikan situasi ekonomi dunia saat ini cukup terpuruk akibat pandemi. Presiden menyampaikan hasil laporan Lembaga Keuangan Moneter Dunia (IMF) bahwa pertumbuhan ekonomi direvisi dari minus 3 persen, menjadi minus 4,9 persen.
 
"Menyikapi hal tersebut, Presiden RI menyampaikan pentingnya seluruh negara ASEAN bekerja lebih keras agar ekonomi ASEAN, ekonomi kawasan dapat tumbuh kembali lebih cepat," kata Retno dalam press statement virtual, Jumat 26 Juni 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Presiden menekankan konektivitas adalah kunci agar ekonomi kawasan ASEAN bisa tumbuh kembali. Hal tersebut termasuk dengan konektivitas barang, jasa, maupun pelaku ekonomi.
 
Karenanya, Jokowi menyampaikan ASEAN perlu mulai melakukan pengaturan mengenai ASEAN Travel Corridor secara berhati-hati, terukur, dan bertahap.
 
"Dimulai dengan essential business travel corridor, berdasarkan tentunya protokol kesehatan yang ketat," imbuh Retno.
 
Dengan ASEAN Travel Corridor atau Koridor Wisata ASEAN ini maka pertumbuhan ekonomi ASEAN bisa cepat dilakukan. Selain itu, dapat menunjukkan arti strategis dari komunitas ASEAN, baik di kawasan maupun di mata internasional.
 
Retno menambahkan, presiden mengajak seluruh kepala negara ASEAN menugaskan para menteri untuk mulai membahas ASEAN Travel Corridor tersebut.
 
"Selain itu, presiden sampaikan tidak kalah pentingnya konektivitas digital, terutama fasilitasi untuk e-commerce, e-health, e-learning, termasuk perluasan akses bagi UMKM masuk ke platfor digital," ungkap Retno.
 
Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga menekankan penandatanganan RCEP yang rencananya ditandatangani tahun ini, memiliki arti strategis, bagi upaya pemulihan ekonomi.
 
"Dan juga merupakan momentum bagi penguatan resiliensi di tengah pandemi covid-19," pungkas Retno.
 
KTT ASEAN ke-36 ini digelar secara virtual karena pandemi covid-19. Para pemimpin negara-negara ASEAN membahas berbagai langkah yang harus dilakukan kawasan saat dan setelah pandemi covid-19.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif