Menlu Retno Marsudi dan Menteri Kabinet Kenya, Raychelle Omamo dalam pernyataan pers bersama di Jakarta, Kamis, 17 Maret 2022./Tangkapan Layar Zoom.
Menlu Retno Marsudi dan Menteri Kabinet Kenya, Raychelle Omamo dalam pernyataan pers bersama di Jakarta, Kamis, 17 Maret 2022./Tangkapan Layar Zoom.

Perkuat Hubungan Bilateral, Kenya Buka Kedutaan di Indonesia

Marcheilla Ariesta • 17 Maret 2022 13:50
Jakarta: Indonesia dan Kenya berkomitmen untuk mempererat hubungan bilateral kedua negara. Komitmen ini kemudian diimplementasikan dalam peresmian Kedutaan Besar Kenya di Indonesia.
 
"Ini merupakan momentum penting bagi hubungan bilateral Indonesia dan Kenya, untuk mendekatkan kedua negara kita," ucap Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam pernyataan bersama dengan Menteri Kabinet Kenya, Raychelle Omamo di Jakarta, Kamis, 17 Maret 2022.
 
"Kami juga senang menyaksikan banyak perkembangan yang menggembirakan dalam hubungan bilateral," sambung Retno.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua menteri kemudian menandatangani dua nota kesepahaman (MoU) mengenai Konsultasi Diplomatik dan Peningkatan Kapasitas Diplomatik.
 
Dalam kunjungan Omamo ke Indonesia, kedua menteri menyimpulkan MoU di bidang pendidikan antara Universitas di Indonesia dan Kenya, serta MoU antara Kantor Berita Indonesia Antara, dan perusahaan Kenya Broadcasting.
 
Retno menambahkan, dalam waktu dekat kedua negara akan menandatangani MoU antara kedua Komisi Pemilihan Umum. MoU ini diharapkan dapat memperkuat kerja sama dalam pengelolaan pemilu.
 
Dalam kesempatan yang sama, Omamo menuturkan, kunjungannya ke Indonesia bertujuan untuk memperdalam hubungan bilateral kedua negara.
 
Baca juga: KBRI Nairobi Usulkan Pembahasan PTA dengan Pebisnis Kenya
 
"Kami akan meletakkan kaki kami di sini, membangun fondasi yang kuat di mana kami akan dapat memberi layanan konsuler kepada penduduk Kenya di Indonesia, membuka jalur kemitraan bisnis, dan pendekatan antarmasyarakat," tutur Omamo.
 
Ia mengatakan, sangat menghergai hubungan historis kedua negara yang telah berlangsung lama, yang didukung oleh nilai-nilai bersama serta hubungan antarmasyarakat yang kuat.
 
Omamo menuturkan, Indonesia telah membuka kedutaan di sana sejak 1982. Meski demikian, katanya, negaranya menyadari bahwa hubungan dengan Indonesia telah terjalin sebelum 1982.
 
Ia kemudian mengundang Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan kunjungan ke Kenya pada 2023. "Saya harap Anda dan tim akan juga menikmati kemegahan negara kami," pungkasnya.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif