Presiden Joko Widodo jadi anggota advokasi solusi untuk atasi krisis pangan, energi dan keuangan global. Foto: BPMI
Presiden Joko Widodo jadi anggota advokasi solusi untuk atasi krisis pangan, energi dan keuangan global. Foto: BPMI

Presiden Jokowi Dipercaya Sekjen PBB Jadi Anggota Advokasi Atasi Krisis Pangan

Fajar Nugraha • 14 April 2022 15:19
New York: Di Markas Besar PBB di New York sore 13 April 2022 waktu Amerika Serikat (AS), Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres, mengumumkan bahwa Presiden Indonesia, Joko Widodo, dipercaya sebagai salah satu pemimpin dunia yang menjadi anggota Champion Group of the Global Crisis Response Group (GCRG).
 
“Champion Group tersebut dipimpin oleh Sekjen PBB dan bertujuan untuk mendorong konsensus global serta melakukan advokasi solusi untuk atasi krisis pangan, energi dan keuangan global,” sebut pernyataan Perwakilan Tetap RI untuk PBB, dalam keterangan yang diterima Medcom.id, Rabu 14 April 2022.
 
Selain Presiden Jokowi, Sekjen PBB juga mempercayai lima pemimpin dunia lainnya sebagai anggota Champion Group yaitu, Presiden Senegal, Kanselir  Jerman, Perdana Menteri Barbados, Perdana Menteri Denmark, dan Perdana Menteri Bangladesh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sebelumnya pada 14 Maret 2022, Sekjen PBB membentuk Global Crisis Response Group (GCRG) on Food, Energy, and Finance di Sekretariat PBB dan beranggota beranggota badan-badan/agensi PBB. GCRG memiliki peran untuk melakukan koordinasi antar badan PBB, merumuskan aksi untuk atasi ketiga krisis tersebut, melakukan analisa data krisis, dan mendorong kerja sama untuk implementasi solusi,” imbuh pernyataan itu.
 
Pembentukan Champions Group diharapkan dapat memastikan adanya kepemimpinan politis dan koordinasi tingkat politis yang dapat membantu mendorong implementasi dari berbagai usulan solusi, strategi dan aksi dari steering committee GCRG dalam mengatasi krisis pangan, energi dan keuangan.

 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif