Pertemuan Indonesia-UN Consultative Forum (IUNCF) di Kantin Diplomasi, Kemenlu, Jakarta, Selasa, 22 November 2022. (Kemenlu RI)
Pertemuan Indonesia-UN Consultative Forum (IUNCF) di Kantin Diplomasi, Kemenlu, Jakarta, Selasa, 22 November 2022. (Kemenlu RI)

Indonesia-PBB Bahas Kerja Sama Migrasi dan Perlindungan PMI

Willy Haryono • 23 November 2022 16:02
Jakarta: Working Group I yang menjadi wadah pertukaran informasi dan pengembangan kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Badan PBB di Indonesia tahun ini mengangkat tema "Migration Governance for Sustainable Development in Indonesia."
 
"Isu migrasi adalah isu lintas sektoral yang kompleks dan membutuhkan kerja sama seluruh pemangku kepentingan," ucap Direktur Sosial Budaya dan OI Negara Berkembang Kementerian Luar Negeri pada Pertemuan Working Group I di bawah Forum Konsultasi Indonesia-PBB atau Indonesia-UN Consultative Forum (IUNCF) di Kantin Diplomasi, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa, 22 November 2022.
 
Pertemuan Working Group I IUNCF dipimpin bersama Direktur Sosial Budaya dan OI Negara Berkembang Kemenlu RI dan Kepala Kantor Perwakilan PBB di Indonesia. Pertemuan diikuti perwakilan Kementerian dan Lembaga RI, antara lain Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Hukum dan HAM, Bappenas, Kementerian Ketenagakerjaan, BP2MI, dan Komnas HAM. Pertemuan juga turut dihadiri oleh perwakilan Badan PBB di Indonesia, seperti IOM, UNDP, dan UNWOMEN.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan keterangan di situs Kemenlu RI, Rabu, 23 November 2022, pertemuan mencatat masukan mengenai implementasi Migration Multi-Partner Trust Fund (MMPTF), khususnya dalam pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI). Pertemuan juga menyoroti pentingnya diseminasi informasi Rencana Aksi Nasional Global Compact on Migration (RAN GCM) kepada seluruh pemangku kepentingan.
 
Baca:  Pesan Presiden ke Pekerja Migran: Jangan Konsumtif, Gaji Ditabung
 
Kepala Kantor Perwakilan PBB di Indonesia menegaskan bahwa komitmen PBB di Indonesia adalah mendukung implementasi RAN GCM oleh Pemerintah RI, serta mendorong kerja sama isu migrasi di bawah MMPTF guna mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).
 
Selain kerja sama migrasi, peserta Working Group I juga secara antusias mendorong diangkatnya isu Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023 sebagai tema diskusi Pertemuan Pleno IUNCF ke-7 pada Desember mendatang.
 
IUNCF merupakan mekanisme kemitraan strategis yang digagas Pemerintah Indonesia dan Badan PBB di Indonesia pada 2013 dengan tujuan memperkuat kerja sama dan koordinasi antara Indonesia dengan PBB.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif