Dubes Indonesia untuk Yordania Andy Rachmianto. (Foto: KBRI Amman)
Dubes Indonesia untuk Yordania Andy Rachmianto. (Foto: KBRI Amman)

Indonesia Senantiasa Amati Dinamika Timur Tengah dari Dekat

Internasional palestina israel
Willy Haryono • 22 Agustus 2020 17:03
Jakarta: Geopolitik Timur Tengah akan terus berkaitan dengan politik-politik negara global. Geopolitik di kawasan tersebut juga akan selalu menjadi ajang berebut pengaruh sejumlah negara di dunia.
 
Indonesia juga turut serta dalam dinamika Timur Tengah, terutama mengenai perjuangan bangsa Palestina. Dalam geopolitik Timur Tengah, konflik berkepanjangan antara Israel dan Palestina dipandang sebagai isu utamanya.
 
"Indonesia senantiasa mengamati dari dekat dinamika di Timur Tengah, salah satunya dengan kehadiran 20 perwakilan RI di kawasan tersebut," kata Duta Besar Indonesia untuk Yordania Andy Rachmianto dalam acara diskusi daring mengenai geopolitik Timur Tengah pada Sabtu 22 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengenai Palestina, Dubes Andy kembali menegaskan bahwa isu tersebut merupakan jantung diplomasi luar negeri Indonesia. Komitmen RI terhadap perjuangan Palestina tidak akan pernah surut, baik dalam dukungan politik, ekonomi, kemanusiaan, pembangunan kapasitas, dan lainnya.
 
"Dalam kapasitas Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, Indonesia telah dan akan terus menegaskan dukungannya Palestina dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya," sebut Dubes Andy.
 
"RI akan selalu mengangkat isu Palestina dalam pertemuan di DK PBB," sambungnya.
 
Pada Mei 2019, dalam rangka keketuaan RI di DK PBB, Dubes Andy mengatakan bahwa "kita telah memprakarsai pertemuan aspek hukum dan kemanusiaan Palestina, khususnya mengenai permukiman ilegal Israel."
 
Februari lalu, RI juga memprakarsai pertemuan DK PBB mengenai pernyataan dan sikap Presiden Palestina Mahmoud Abbas terkait Perjanjian Abad Ini atau Deal of the Century yang diumumkan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.
 
"Di level bilateral, Indonesia sudah memberikan berbagai dukungan kepada Palestina berupa kerja sama teknis dan kemanusiaan. Total bantuan ke Palestina sudah mencapai USD7,8 juta dalam tiga tahun terakhir," sebut Dubes Andy.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif