Ilustrasi oleh Medcom.id.
Ilustrasi oleh Medcom.id.

Vaksin Penyakit Mulut dan Kuku dari Australia Tiba di Indonesia

Fajar Nugraha • 26 Agustus 2022 21:08
Jakarta: Pengiriman pertama satu juta dosis vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) yang disediakan oleh Pemerintah Australia telah tiba di Indonesia.
 
Dosis tersebut akan didistribusikan oleh pihak otoritas Indonesia untuk memastikan vaksin dikirim ke daerah yang paling membutuhkan.
 
“Kami telah berhasil mencocokkan dosis sesuai dengan jenis PMK yang terdapat di Indonesia. Dosis ini akan sangat efektif memberikan perlindungan terhadap hewan ternak Indonesia,” kata Menteri Pertanian, Perikanan dan Kehutanan dan Menteri Penanggulangan Darurat Murray Watt, dalam keterangan tertulis Kedutaan Besar Australia di Jakarta, Jumat, 26 Agustus 2022.
 
“Ini adalah bagian dari pendekatan tiga cabang kami untuk menjaga Australia bebas dari PMK - membantu tetangga kami menangani wabah, memperkuat perbatasan biosekuriti kami dan meningkatkan kesiapsiagaan kami di dalam negeri,” ungkap Watt.
 
“Dalam beberapa bulan ke depan, Australia akan Kembali memasok 4,4 juta dolar Australia (atau sekitar Rp45 miliar) dalam bentuk vaksin PMK sebagai bagian paket biosekuriti senilai 10 juta dolar Australia (atau sekitar Rp103 miliar) yang baru-baru ini diumumkan untuk Indonesia,” ucap Menteri Luar Negeri Penny Wong.
 
Menlu Wong menambahkan, keberhasilan pengiriman vaksin ini menunjukkan komitmen Australia untuk mendukung respons Indonesia terhadap wabah. Ini juga menurut Wong menekankan hubungan kerja sama yang erat antara kedua negara.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif