Klub malam yang terbakar di Thailand dan menewaskan 13 orang. Foto: AFP
Klub malam yang terbakar di Thailand dan menewaskan 13 orang. Foto: AFP

Miris, Kebakaran Klub Malam Thailand Tewaskan 13 Orang

Fajar Nugraha • 05 Agustus 2022 18:47
Bangkok: Kebakaran melanda sebuah klub malam Thailand pada Jumat 5 Agustus 2022. Insiden itu menewaskan sedikitnya 13 orang dan melukai 40 lainnya.
 
“Kebakaran terjadi sekitar pukul 01.00 di tempat hiburan malam Gunung B di distrik Sattahip Provinsi Chonburi, sekitar 150 kilometer selatan Bangkok,” kata seorang pejabat dari Yayasan Penyelamatan Sawang Rojanathammasathan kepada AFP tanpa menyebut nama.
 
Rekaman video yang diposting oleh layanan penyelamatan menunjukkan orang-orang yang putus asa melarikan diri dari klub sambil berteriak. Bahkan pakaian mereka terbakar, saat api besar berkobar di latar belakang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Layanan tersebut mengatakan, kobaran api dipercepat oleh busa akustik yang mudah terbakar di dinding klub. Petugas pemadam kebakaran membutuhkan lebih dari tiga jam untuk mengendalikannya.
 
“Mayat yang terdiri dari empat wanita dan sembilan pria  ditemukan sebagian besar berkerumun di dekat pintu masuk dan di kamar mandi. Tubuh mereka terbakar parah,” imbuh layanan itu.
 
Semua korban diyakini sebagai warga negara Thailand.
 
"Tidak ada kematian terkait dengan orang asing," ucap Letnan Kolonel polisi Boonsong Yingyong dari kantor polisi Phlu Ta Luang, yang mengawasi daerah di mana kebakaran terjadi, mengatakan kepada AFP melalui telepon.
 
Kekhawatiran telah lama muncul tentang pendekatan longgar Thailand terhadap peraturan kesehatan dan keselamatan, terutama di banyak bar dan klub malamnya.
 
Api besar meletus di pesta Malam Tahun Baru di klub Santika yang megah di Bangkok pada 2009, menewaskan 67 orang dan melukai lebih dari 200 orang.
 
Pemilik Santika dipenjara selama tiga tahun karena kebakaran, yang dimulai ketika kembang api dilepaskan saat band rock bernama Burn bermain di atas panggung.
 
Baru-baru ini, empat orang tewas dalam kebakaran yang disebabkan oleh korsleting listrik di sebuah klub di pulau liburan Phuket, magnet bagi turis asing, pada tahun 2012.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif