Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat menerima suvenir saat pertemuan ASEAN-Australia: Foto: AFP
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat menerima suvenir saat pertemuan ASEAN-Australia: Foto: AFP

Hadapi Tantangan Dunia, Indonesia Yakin Australia Mitra Terpercaya Bagi ASEAN

Marcheilla Ariesta • 05 Agustus 2022 08:30
Phnom Penh: Australia adalah mitra dialog pertama dan juga Mitra Strategis Komprehensif bagi ASEAN. Karenanya, dibutuhkan kerja sama konkret untuk semakin mempererat keduanya.
 
"Hal ini terjadi bukan karena kedekatan geografis antara negara ASEAN dan Australia, namun merupakan bentuk kepercayaan bahwa Australia dapat menjadi mitra yang terpercaya dalam menghadapi berbagai tantangan bersama," ucap Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam pertemuan ASEAN-Australia Ministerial Meeting di Phnom Penh, Kamboja, Kamis, 4 Agustus 2022.
 
Retno yakin diperlukan kerja sama yang kuat dan konkret yang didasarkan pada kepercayaan di Indo-Pasifik. Indonesia menyampaikan, sebagai salah satu wujud upaya untuk mengonkretkan kerja sama, maka Indonesia akan menyelenggarakan Indo-Pacific Infrastructure Forum, pada saat menjabat sebagai Ketua ASEAN 2023.
 
Lebih lanjut Menlu Retno menyampaikan bahwa terdapat tiga hal yang penting untuk dilakukan agar kemitraan di Indo-Pasifik dapat menciptakan perdamaian dan kemakmuran.
 
"Pertama, pentingnya mengubah defisit kepercayaan menjadi kepercayaan strategis," ujar Retno.
 
"Kedua, terus mempromosikan penghormatan terhadap hukum internasional," sambung dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berkaitan ini, nilai dan norma dalam Treaty of Amity and Cooperation (TAC) serta Bali Principles, penting untuk terus dihormati.
 
"Ketiga, kerja sama inklusif," seru Retno.
 
Ia menegaskan, Indonesia percaya bahwa inklusivitas akan merupakan dasar bagi munculnya kepercayaan. Kelompok-kelompok minilateral diharapkan dapat menjadi pijakan guna mendukung ASEAN-led mechanisms.
 
Terakhir, Menlu Retno juga mengharapkan Australia dapat menjadi jembatan dan mitra bagi pengembangan kerja sama dengan negara-negara Pasifik Selatan.
 
Dalam pertemuan kali ini, ASEAN dan Australia menyepakati Rencana Aksi Kemitraan Strategis Komprehensif. Australia memberi komitmen sebesar AUD154 juta untuk pembiayaan berbagai kegiatan di bawah Rencana Aksi tersebut, termasuk transisi ke teknologi rendah emisi, transformasi digital serta penguatan Pusat ASEAN untuk Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dan Penyakit Baru (ACPHEED).
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif