Menteri Pertanian RI Prof Dr H Syahrul Yasin Limpo terima plakat penghargaan dari CEO ACIAR. Foto: Kedubes Australia di Jakarta
Menteri Pertanian RI Prof Dr H Syahrul Yasin Limpo terima plakat penghargaan dari CEO ACIAR. Foto: Kedubes Australia di Jakarta

Pencapaian Penelitian Pertanian Indonesia-Australia Diakui Lembaga Internasional

Fajar Nugraha • 16 Agustus 2022 15:04
Jakarta: Selama bertahun-tahun hubungan kerja sama antara Indonesia-Australia, pengakuan diberikan oleh Negeri Kangguru. Pengakuan ini datang dalam plakat penghargaan kepada Kementerian Pertanian Republik Indonesia terkait penelitian pertanian.
 
CEO Australian Centre for International Agricultural Research (ACIAR) Prof Andrew Campbell bertemu dengan Menteri Pertanian RI Prof Dr H Syahrul Yasin Limpo SH MSi MH di Jakarta pekan lalu untuk menyerahkan Plakat Penghargaan kepada Kementerian Pertanian RI. Plakat itu sebagai pengakuan atas kemitraan jangka panjang yang saling menguntungkan serta membahas bidang-bidang kerja sama dengan Kementerian di masa mendatang.
 
“Australia mengakui pencapaian kedua negara dalam penelitian pertanian melalui kerja sama yang kuat selama bertahun-tahun,” kata Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams PSM, dalam keterangan tertulis Kedubes Australia yang diterima Medcom.id, Selasa 16 Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kami menantikan kemitraan di bidang lainnya dengan Kementerian Pertanian Indonesia yang berfokus pada pengurangan kemiskinan dan peningkatan ketahanan pangan termasuk kesejahteraan petani kecil,” imbuhnya.
 
Sejak 1983, ACIAR telah mendukung penelitian terapan di Indonesia di bidang tanaman pangan, peternakan, kehutanan, perikanan laut dan akuakultur. Sebagai contoh, pengenalan hijauan Leucaena taramba untuk pakan ternak di Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur yang telah mengubah kehidupan ratusan petani dan melindungi lahan marginal di kedua provinsi tersebut. Proyek terbaru termasuk penelitian untuk mengelola kerusakan akibat lalat buah dan meningkatkan kualitas mangga untuk ekspor.
 
“Kemitraan ini telah difasilitasi melalui Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian, yang memungkinkan para ilmuwan Indonesia dan Australia bekerja sama untuk membangun pengetahuan guna mendukung sistem pertanian yang lebih produktif dan berkelanjutan,” ucap Profesor Campbell.
 
Selain mendanai kolaborasi penelitian, ACIAR telah membantu banyak ilmuwan Indonesia untuk memperoleh gelar PhD dan Master di Australia dan peneliti tingkat menengah untuk mengikuti kursus manajemen dan kepemimpinan di lembaga-lembaga Australia untuk meningkatkan kemampuan mereka di lembaga terkait.
 
ACIAR adalah lembaga penelitian khusus untuk pengembangan pertanian Pemerintah Australia dan bagian dari Portofolio Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan, yang berkontribusi pada program bantuan pembangunan Australia.

 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif