Asap mengepul dari sebuah kapal feri yang terbakar di Filipina, 23 Mei 2022. (AFP)
Asap mengepul dari sebuah kapal feri yang terbakar di Filipina, 23 Mei 2022. (AFP)

7 Orang Tewas dalam Kebakaran Kapal Feri di Filipina

Willy Haryono • 23 Mei 2022 11:56
Manila: Setidaknya tujuh orang tewas dan sejumlah lainnya berhasil diselamatkan dalam insiden kebakaran di sebuah kapal feri di Filipina, Senin, 23 Mei 2022. Saat kebakaran, yang terjadi sekitar pukul 06.30 waktu setempat, para penumpang nekat melompat ke air.
 
Kebakaran terjadi di kapal feri Mercraft 2 yang mengangkut total 134 penumpang dan kru dari Polillo Island menuju Real di provinsi Quezon.
 
"Tujuh orang tewas dan 120 berhasi diselamatkan sejauh ini," kata juru bicara Penjaga Pantai Filipina, Komodor Armando Balilo, dikutip dari Al Arabiya. Tujuh orang lain masih dinyatakan hilang dan operasi pencarian masih berlangsung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kapal Mercraft 2 diketahui memiliki kapasitas maksimal 186 orang.
 
Asap hitam tebal mengepul di saat kapal tersebut dilalap api. Para penumpang yang memakai jaket pelampung terlihat berenang di sekitar lokasi kejadian. Beberapa dari mereka diselamatkan ke feri lain, atau diangkut ke perahu karet.
 
Api kemungkinan besar berasal dari ruang mesin, ungkap Balilo.
 
"Kami berhasil mengangkut 40 penyintas. Ada dua kematian," tutur Kapten Brunette Azagra, yang kapalnya berjarak sekitar 500 meter dari Mercraft saat kebakaran terjadi.
 
"Mereka beruntung karena kami juga berlayar dari Polillo. Mereka menyusul kami, tapi posisi kami masih cukup dekat," sebut Azagra kepada stasiun radio lokal.
 
Filipina, negara dengan lebih dari 7 ribu pulau, sering dilanda insiden transportasi laut. Biasanya, insiden diakibatkan lemahnya penegakan aturan dan kelebihan muatan kapal.
 
Baca:  Kapal Feri Tenggelam di Filipina, 33 Orang Tewas
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif