NEWSTICKER
Ketua Parti Pribumi Bersatu Malaysia Muhyiddin Yassin. (Mohd Rasfan/AFP/Getty Images)
Ketua Parti Pribumi Bersatu Malaysia Muhyiddin Yassin. (Mohd Rasfan/AFP/Getty Images)

Ketua Partai Bersatu Jadi Kandidat Kuat PM Malaysia

Internasional anwar ibrahim politik malaysia mahathir mohamad
Willy Haryono • 29 Februari 2020 08:00
Kuala Lumpur: United Malays National Organisation (UMNO) dan Parti Islam Se-Malaysia (PAS) telah menyampaikan dukungan mereka kepada Muhyiddin Yassin, ketua Parti Pribumi Bersatu Malaysia (Bersatu), untuk menjadi perdana menteri baru Malaysia. Seluruh 36 anggota parlemen dari Bersatu juga telah menyatakan dukungannya untuk Muhyiddin.
 
Raja Malaysia telah bertemu semua petinggi partai untuk mendiskusikan kekisruhan politik di Malaysia, dua hari usai dirinya berkonsultasi dengan sejumlah anggota parlemen.
 
Usai diskusi, Istana Negara Malaysia mengatakan bahwa pihaknya merasa bahwa saat ini tidak ada pihak yang menjadi mayoritas di Dewan Perwakilan Rakyat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari Channel News Asia, Jumat 28 Februari 2020, Istana berencana menghubungi semua petinggi partai beserta para perwakilannya di DPR untuk menghadirkan kandidat pilihan mereka untuk jabatan PM Malaysia.
 
Tidak lama usai itu, Bersatu mengeluarkan pernyataan yang menunjuk Muhyiddin sebagai kandidat PM Malaysia. Pernyataan Bersatu merupakan hasil dari pertemuan dengan PM interim Mahathir Mohamad di gedung Yayasan Al-Bukhary.
 
Pernyataan dari Sekretaris Jenderal Bersatu Marzuki Yahya juga mengindikasikan bahwa faksi 10 anggota parlemen pimpinan Azmin Ali dari Parti Keadilan Rakyat (PKR) juga telah bergabung dengan Bersatu.
 
Ia mengatakan pertemuan pada Jumat kemarin dihadiri 36 anggota parlemen Bersatu, padahal partai tersebut diketahui hanya memiliki 26 kursi.
 
Rentetan pernyataan lain dikeluarkan, yakni dari UMNO, PAS, Malaysian Chinese Association (MCA) dan Malaysian Indian Congress (MIC). Keempat partai tersebut mendukung Muhyiddin.
 
UMNO memiliki 39 kursi, sementara PAS 10. MCA dan MIC masing-masing memiliki dua dan satu kursi. Secara total, Muhyiddin mendapat dukungan dari 96 dari total 222 anggota parlemen.
 
Raihan dukungan Muhyiddin sedikit lebih tinggi dari Anwar Ibrahim, ketua PKR yang berada dalam koalisi Pakatan Harapan (PH). Anwar berkukuh dirinya meraih dukungan mayoritas DPR untuk menjadi PM baru di Malaysia. Pakatan yang terdiri dari koalisi tiga partai saat ini memiliki 92 kursi.
 
Dalam tulisan di Twitter pada Jumat malam, Anwar mengatakan semua anggota parlemen yang mendukung dirinya telah menyampaikan dukungannya itu secara personal.
 
"Saya tahu bahwa sejumlah anggota parlemen di 'kubu lain' tidak senang bahwa para petinggi partai telah mencuri suara mereka," tulis Anwar.
 
"Pakatan Harapan memiliki cukup dukungan. Mari kita lihat bagaimana proses demokratik ini berjalan," sambungnya.
 
Perhatian kini tertuju pada Parti Warisan Sabah dan Gabungan Parti Sarawak. Dengan total gabungan 25 kursi, kedua partai itu diyakini akan menjadi penentu jabatan PM baru Malaysia.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif