Ilustrasi vaksin. covid-19 (Medcom)
Ilustrasi vaksin. covid-19 (Medcom)

Pemerintah Siapkan Anggaran untuk Vaksinasi WNI di Luar Negeri

Internasional Virus Korona wni perlindungan wni covid-19 pandemi covid-19 vaksin covid-19
Marcheilla Ariesta • 11 Januari 2021 15:30
Jakarta: Pemerintah Indonesia telah menyiapkan anggaran agar warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri bisa mendapat akses vaksin virus korona (covid-19). Dana dari pemerintah ini akan digunakan bila para WNI di luar negeri tidak mendapat akses vaksin gratis di negara tempat mereka berada.
 
Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri, Andy Rachmianto, mengatakan bahwa dana untuk vaksin tersebut masuk dalam total anggaran perlindungan WNI 2021, yang angkanya mencapai Rp156 miliar.
 
"Mereka menjadi tanggung jawab perwakilan-perwakilan kita di luar negeri," ucap Andy dalam jumpa pers virtual, Senin, 11 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang Rp156 miliar bagi perwakilan dinas di luar negeri juga akan digunakan untuk membantu program vaksinasi warga negara kita, fasilitas paling tidak, jika memang diperlukan," serunya.
 
Baca:  Perlindungan WNI di Tengah Pandemi Covid-19 Makin Berat
 
Meski demikian, lanjut Andy, pihaknya akan memantau terlebih dulu kebijakan negara tertentu mengenai vaksin bagi warga asing. Bila ada negara yang memberikan vaksin kepada WNI, maka Indonesia juga akan memberikan vaksin kepada warga negaranya.
 
Menurut Andy, hal tersebut mengikuti prinsip timbal balik hubungan luar negeri.
 
Mantan Duta Besar RI di Yordania tersebut mengatakan, saat ini belum banyak negara yang memulai vaksinasi covid-19. Meski begitu, ia meyakini vaksinasi akan segera dilakukan di banyak negara.
 
Salah satu negara yang sudah melakukan vaksinasi adalah Arab Saudi. Andy melihat program vaksinasi di Arab Saudi berjalan lancar. "Di Arab Saudi beritanya Raja Salman sudah divaksinasi," imbuh Andy.
 
Ia menilai program vaksinasi di Arab Saudi dapat berjalan lancar karena kerajaan tersebut tidak terlalu memusingkan masalah kehalalan covid-19.

 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif