Kapal rumah sakit Angkatan Laut Tiongkok, ‘Peace Ark’ tiba di Indonesia. Foto: Medcom.id/Harianty
Kapal rumah sakit Angkatan Laut Tiongkok, ‘Peace Ark’ tiba di Indonesia. Foto: Medcom.id/Harianty

Tempuh Perjalanan 200 Jam, Kapal Rumah Sakit Tiongkok Tiba di Indonesia

Harianty • 11 November 2022 08:02
Jakarta: Setelah menempuh hampir 200 jam perjalanan, kapal rumah sakit Angkatan Laut Tiongkok, ‘Peace Ark’ tiba di Indonesia pada Kamis, 10 November 2022. Ini merupakan sebuah kunjungan persahabatan.
 
Kapal rumah sakit ‘Peace Ark’tiba di dermaga Tanjung Priok, Jakarta, dan disambut hangat oleh Angkatan Laut Indonesia dan warga Tiongkok yang berada di Indonesia, serta perwakilan dari kedutaan besar Tiongkok di Indonesia.
 
Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksamana Muda Agus Haryadi dalam sambutannya mengatakan bahwa Angkatan Laut Indonesia sangat terhormat untuk menyambut teman-teman Angkatan Laut Tiongkok. Kunjungan ini sangat penting bagi persaudaraan antara angkatan laut kedua negara, dan juga membuktikan hubungan kerjasama yang baik antara kedua angkatan laut di berbagai bidang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara Laksamana Muda Qiu Wensheng, komandan misi "Harmony Mission-2022", mengatakan bahwa hubungan antara Tiongkok dan Indonesia memiliki sejarah panjang. Dalam beberapa tahun terakhir, hubungan bilateral telah diperdalam dan kemitraan strategis yang komprehensif telah dibangun.
 
“Kapal rumah sakit ‘Peace Ark’ mengunjungi Jakarta kali ini setelah mengunjungi Jakarta pada September 2013. Semua awak kapal akan terus menjunjung tinggi semangat Palang Merah, ‘kemanusiaan, persaudaraan dan dedikasi’, dengan kemampuan yang sangat baik, keterampilan medis yang luar biasa dan baik,untuk melayani masyarakat Indonesia,” ujar Laksamana Qiu.
 
Tempuh Perjalanan 200 Jam, Kapal Rumah Sakit Tiongkok Tiba di Indonesia
Kunjungan kapal Peace Ark ke Jakarta. Foto: Medcom.id/Harianty
 
Qiu menekankan bahwa Kongres Nasional Partai Komunis Tiongkok ke-20 yang baru saja selesai menegaskan kembali bahwa Tiongkok selalu berpegang pada tujuan diplomatik menjaga perdamaian dunia dan mempromosikan pembangunan bersama, dan berkomitmen untuk mempromosikan pembangunan komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia.
 
“Tiongkok siap bekerja sama dengan Indonesia untuk melaksanakan prakarsa pembangunan global dan prakarsa keamanan global, untuk bersama-sama mengatasi tantangan global, dan bergandengan tangan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi umat manusia,” imbuh Qiu.
 
Kapal rumah sakit ‘Peace Ark’ pada 11 November hingga 17 November akan menyediakan layanan medis gratis dengan mengkombinasikan klinik rawat jalan dan diagnosis serta perawatan.Selain itu, juga berencana untuk mengadakan seminar online dengan rumah sakit setempat, melakukan konsultasi video jarak jauh untuk penyakit yang sulit ditangani, serta melakukan pertukaran medis.
 
‘Peace Ark’ dilengkapi dengan peralatan medis tercanggih, mampu melakukan diagnosis dan perawatan serta pembedahan biasa. Ia ditugaskan dengan berbagai misi termasuk bantuan maritim, layanan medis darurat, dan bantuan kemanusiaan di luar negeri.
 
Sejauh ini ‘Peace Ark’ telah 9 kali melakukan rangkaian misi kemanusiaan, mengunjungi 43 negara dan wilayah (termasuk kunjungan ke Indonesia pada 2013), berlayar melintasi 6 benua, 3 samudra sejauh 240.000 mil.
 
Selama kunjungannya, Peace Ark telah memberikan layanan medis kemanusiaan kepada lebih dari 230.000 orang dengan lebih dari 1.400 kasus operasi, memberikan pencerahan kepada lebih dari 500 pasien yang menderita katarak.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif