BKSAP DPR bertemu dengan Wamenlu Mahendra Siregar dan jajaran Kemenlu. Foto: Ist/Man.
BKSAP DPR bertemu dengan Wamenlu Mahendra Siregar dan jajaran Kemenlu. Foto: Ist/Man.

BKSAP DPR Apresiasi Kemenlu Dalam Diplomasi Melawan Covid-19

Internasional kemenlu DPR RI Diplomasi Indonesia
Marcheilla Ariesta • 12 Januari 2021 23:17
Jakarta: Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI mengapresiasi kinerja Kementerian Luar Negeri, terutama dalam menghadapi pandemi virus korona (covid-19). Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon menerangkan bahwa platform diplomasi parlemen, dalam hal ini Alat Kelengkapan Dewan (AKD), memiliki banyak ruang untuk mendukung diplomasi Indonesia. 
 
BKSAP memiliki Panitia Kerja (Panja) yang saat ini akan fokus ke tujuan berkelanjutan (SDGs) dan Indo-Pasifik, sesuai dengan kepentingan luar negeri Indonesia.
 
"Dari sisi parlemen, ini akan komplementer bergerak mendukung pemerintah. Dan pada tahun ini, DPR akan mendukung diplomasi pemerintah juga dengan menjadi tuan rumah pertemuan di Indonesia, apabila situasi memungkinkan, seperti menjadi tuan rumah Global Parliamentary Forum on SDGs bekerjasama dengan IPU, Meeting of Speakers of Eurasian Parliaments (MSEAP) dan juga Indonesia Pacific Parliamentary Partnership (IPPP)," ujar Fadli, Selasa, 12 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam pernyataannya BKSAP, pembahasan proyeksi kebijakan luar negeri Indonesia pada 2021 dilakukan di Tangerang dan dihadiri pimpinan BKSAP, serta Wakil Menteri Luar Negeri, Mahendra Siregar.
 
Wakil Ketua BKSAP, Charles Honoris mengatakan menyambut baik perjanjian koridor perjalanan (TCA). Ia berharap Kemenlu dapat mengkomunikasikan negara-negara yang sedang menjadi pembahasan berikutnya mengenai TCA.
 
"Sehingga kami dapat mendukung secara hubungan antarparlemen dengan melobi negara terkait," serunya.
 
Wakil Ketua BKSAP Putu Supadma Rudana enyoroti isu ekonomi kreatif mengingat Indonesia memiliki produk budaya Indonesia yang luar biasa. Putu berharap dalam kerja sama ekonomi kreatif, hal-hal terkait transfer ilmu, desain, produk dan lainnya dapat menjadi penekanan diplomasi agar dapat berdampak kepada masyarakat.
 
"Keberadaan TCA dapat memperdalam penetrasi ekonomi kawasan wisata dan juga menjadi momentum untuk mengurangi quantity tourism tetapi jadi quality tourism," imbuhnya.
 
Dalam kesempatan tersebut, Wamenlu Mahendra Siregar menyampaikan sejumlah capaian-capaian kebijakan luar negeri 2020 dan situasi pemfokusan ulang diplomasi, mengingat situasi pandemi covid-19 serta proyeksi-proyeksi prioritas kebijakan LN Indonesia pada 2021. Wamenlu menyampaikan sedikitnya ada lima prioritas diplomasi pada tahun 2021 seiring dengan situasi pandemi yang belum berakhir. 
 
“Tidak hanya multilateral tetapi juga bilateral, policy-making level, resolution-making level, business to business dan lainnya. Dalam Diplomasi Vaksin, selain multilateral melalui GAVI dan COVAX, Indonesia saat ini juga berada di tahap final perjanjian bilateral dengan AstraZeneca, melengkapi hadirnya vaksin Sinovac yang sudah ada di Indonesia. Vaksin-vaksin lainnya tengah diupayakan melalui mekanisme GAVI atau COVAX,” kata Mahendra. 
 
Mahendra mengungkapkan prioritas berikutnya adalah pada pemulihan ekonomi yang berkelanjutan. Fokus-fokus yang dibangun adalah memperluas inbound investment, akses pasar dan integrasi ekonomi, hilirisasi industri nasional, kerja sama dengan World Economic Forum (WEF), Troika G20 hingga kerja sama ekonomi digital dan kreatif serta menangani hambatan perdagangan. 
 
“Kita juga sudah memiliki kerja sama koridor perjalanan dengan Persatuan Emirat Arab, Tiongkok, Korea Selatan, dan Singapura. Ke depan, ASEAN secara keseluruhan tengah dalam pendalaman, dan juga Turki,” jelas Mahendra. 
 
Prioritas ketiga yakni memperkuat sistem perlindungan WNI. Selain itu, Indonesia berkomitmen untuk berkontribusi pada isu kawasan dan dunia, serta prioritas terakhir yakni menjaga kedaulatan dan integritas wilayah.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif