Menlu Retno Marsudi sampaikan Australia luncurkan paket inisiatif untuk ASEAN atasi covid-19. Foto: Dok.Kemenlu RI
Menlu Retno Marsudi sampaikan Australia luncurkan paket inisiatif untuk ASEAN atasi covid-19. Foto: Dok.Kemenlu RI

Kucurkan Rp248 M, Australia Dukung ASEAN Tangani Covid-19

Internasional asean menlu retno lp marsudi ASEAN-Australia
Marcheilla Ariesta • 10 September 2020 21:16
Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan Australia meluncurkan paket inisiatif senilai 23 juta dolar Australia (sekitar Rp248,3 miliar) untuk mendukung ASEAN menangani pandemi virus korona (covid-19). Paket inisiatif tersebut dibahas dalam ASEAN-Australia Ministerial Meeting yang digelar secara virtual pada Kamis, 10 September 2020.
 
Retno mengungkapkan, dana tersebut akan disalurkan bagi enam program kegiatan, yaitu, penguatan sistem kesehatan, keamanan kawasan, pekerja migran, dan kapasitas digital kawasan.
 
"Dan dari dana tersebut, sebesar 1 juta dolar Australia digunakan untuk mendukung ASEAN Response Fund," ujar Retno dalam jumpa pers virtual.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam kesempatan yang sama, ASEAN mengajak Australia untuk bersama-sama berupaya agar kawasan tidak diubah menjadi panggung persaingan geopolitik.
 
Australia, jelas Menlu Retno, telah menyetujui Treaty of Amity and Cooperation (TAC) pada 2005 di mana di dalamnya terkandung prinsip penolakan terhadap ancaman dan penggunaan kekerasan, komitmen untuk menyelesaikan masalah dengan cara damai, serta mengutamakan kerja sama.
 
"Prinsip-prinsip tersebut diharapkan dapat terus diterapkan di tengah tantangan geopolitik saat ini," imbuhnya.
 
Retno menuturkan dalam pertemuan virtual tersebut, Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne sangat mengapresiasi pernyataan ASEAN yang dikeluarkan para menlu negara anggota pada 8 Agustus mengenai pentingnya upaya memelihara perdamaian di kawasan.
 
ASEAN, ujar Retno, terbuka untuk melakukan kerja sama yang menciptakan perdamaian, stabilitas dan kesejahteraan di kawasan Indo-Pasifik melalui kerja sama.
 
"Kita tadi juga menyampaikan kembali penghargaan atas dukungan Australia dari sejak awal terhadap ASEAN Outlook on Indo-Pacific," pungkasnya.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif