Pemandangan salah satu sudut lokasi wisata di Singapura. (AFP)
Pemandangan salah satu sudut lokasi wisata di Singapura. (AFP)

Pantau Kondisi Tiongkok, Singapura Siap Tingkatkan Aturan Perbatasan

Willy Haryono • 31 Desember 2022 13:05
Singapura: Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) mengaku siap meningkatkan aturan perbatasan jika kondisi memang mengharuskan seperti itu. Pernyataan disampaikan di saat Singapura tengah memantau kondisi Covid-19 di Tiongkok, di mana jumlah kasus Covid-19 terus melonjak dari hari ke hari.
 
Saat ini, Singapura telah membuka perbatasan kepada pelancong dari semua negara, termasuk Tiongkok. Ini merupakan bagian dari pembukaan kembali negara dalam menghidupkan perekonomian pascapandemi.
 
"Seiring dipulihkannya perjalanan udara dengan Tiongkok, MOH akan melakukan pendekatan secara hati-hati dalam meningkatkan kapasitas kursi di pesawat dengan terus mempertimbangkan faktor penilaian kesehatan publik," ucap pihak kementerian, mengutip dari laman The Straits Times, Sabtu, 31 Desember 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Terlepas dari kekhawatiran publik mengenai infeksi di Tiongkok dan pengumuman dari sejumlah negara seperti India, Italia dan Jepang yang mewajibkan tes Covid-19 bagi pelancong dari Tiongkok, situasi lokal di Singapura tetap stabil, bahkan setelah gelombang sub-varian XBB," lanjut MOH.
 
Dalam fase pandemi saat ini, lanjut pihak kementerian, faktor terpenting dalam imunitas populasi Singapura.
 
Baca:  Prancis dan Inggris Ikut Wajibkan Tes Covid-19 untuk Pelancong Tiongkok
 
MOH mengatakan bahwa Singapura tidak bisa menghentikan sepenuhnya infeksi Covid-19, dan virus tersebut dipastikan akan terus bersirkulasi di tengah masyarakat. Hal yang dapat dilakukan adalah, sebut MOH, bagaimana memastikan infeksi Covid-19 tidak berujung pada meningkatnya kasus rawat inap dan gejala berat.
 
Rata-rata kasus harian Covid-19 di Singapura saat ini adalah 729, dengan tingkat rawat inap di bawah 100. MOH mengatakan, jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di unit perawatan intensif relatif rendah di satu digit.
 
"Vaksin paediatric dan bivalent tersedia untuk memperkuat imunitas warga yang sudah berada di level tinggi," ungkap MOH.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif