Busana dan tarian tradisional Indonesia memeriahkan perayaan HUT ke-55 ASEAN di Dong Nai, Vietnam, 26 Agustus 2022. (Kemenlu RI)
Busana dan tarian tradisional Indonesia memeriahkan perayaan HUT ke-55 ASEAN di Dong Nai, Vietnam, 26 Agustus 2022. (Kemenlu RI)

Penampilan Indonesia Jadi Sorotan dalam Perayaan HUT ke-55 ASEAN di Vietnam

Willy Haryono • 30 Agustus 2022 13:45
Dong Nai: Perayaan HUT ke-55 ASEAN di Provinsi Dong Nai, wilayah bagian selatan Vietnam, telah diselenggarakan pada 26 Agustus lalu. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dong Nai Union of Friendship Organizations (DUFO) bekerja sama dengan semua Konsulat Jenderal negara anggota ASEAN di HCMC. Kegiatan diisi dengan pameran budaya, pariwisata, seminar serta fashion show.
 
Menurut Konjen Agustaviano Sofjan, kerja sama antara Indonesia dan Vietnam telah terjalin dengan sangat baik, dengan banyak ruang yang masih bisa dimanfaatkan. Indonesia dan Vietnam dapat bekerja sama dalam sektor infrastruktur, karena Indonesia mempunyai banyak BUMN yang sangat siap untuk bekerja sama dengan Vietnam.
 
Dalam hal perdagangan, Indonesia dan Vietnam telah mencapai target perdagangan sebesar USD11,5 miliar pada 2021, dan telah ditetapkan target perdagangan baru yaitu USD15 miliar pada 2028. Target ini tak akan tercapai jika tidak ada dukungan dari kedua pihak, dan untuk itulah KJRI Ho Chi Minh City akan siap menjembatani kegiatan-kegiatan promosi TTI.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di acara puncak peringatan HUT ke-55 ASEAN, Indonesia menampilkan tim tarian binaan KJRI Ho Chi Minh City yang memukau para tamu. KJRI juga menghias stan pameran dengan barang-barang budaya dan promosi produk Indonesia.
 
Selain itu, KJRI Ho Chi Minh City juga menampilkan baju tradisional pengantin dari Sumatera Selatan "Aesan Gede" yang menjadi pusat perhatian para tamu. Stan Indonesia menjadi yang paling ramai didatangi para tamu untuk berfoto dan mencari informasi.
 
Berdasarkan keterangan di situs Kementerian Luar Negeri RI, Senin, 29 Agustus 2022, Ketua DUFO dan pihak-pihak tamu lainnya menyampaikan bahwa penampilan dari Indonesia menjadi yang terbaik.
 
Hal ini dikatakan bahwa penampilan busana pakaian adat dan tarian Indonesia sangat membuat acara perayaan HUT ke-55 ASEAN menjadi sangat menarik dan merebut hati banyak pihak yang hadir.
 
KJRI Ho Chi Minh City memanfaatkan momentum ini untuk melakukan kegiatan promosi TTI (Trade Tourism and Investment) di Dong Nai. Konjen RI dan tim KJRI membawa tim kesenian, barang-barang promosi budaya, produk dan juga keketuaan Indonesia di G20.
 
Selain itu, di sela-sela kegiatan promosi, Konjen RI juga bertemu perwakilan Pemprov Dong Nai terkait untuk membicarakan mengenai kemungkinan kerja sama investasi dan perdagangan.
 
Pemprov Dong Nai menyampaikan apresiasi kepada KJRI yang telah banyak melakukan kegiatan promosi di Dong Nai. Selama tahun 2022, tercatat ada 4 kegiatan promosi yang telah dilaksanakan oleh KJRI di Dong Nai untuk promosi TTI dan keketuaan Indonesia G20.
 
Konjen RI dan Pemprov Dong Nai sepakat untuk semakin meningkatkan kerja sama dengan rencana menjalin sister province antara Dong Nai dan Indonesia.
 
Baca:  Organisasi Persahabatan Indonesia-Vietnam Gelar Acara HUT ke-77 RI
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif