NEWSTICKER
Menlu Retno Marsudi umumkan larangan masuk dari tiga negara terkena imbas virus korona terparah. Foto: Medcom.id/Flory Ambarita
Menlu Retno Marsudi umumkan larangan masuk dari tiga negara terkena imbas virus korona terparah. Foto: Medcom.id/Flory Ambarita

Pendatang dari 3 Negara Terimbas Korona Dilarang Masuk ke Indonesia

Internasional Virus Korona menlu retno lp marsudi Coronavirus virus corona
Medcom • 05 Maret 2020 14:36
Jakarta: Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengumumkan bahwa Indonesia akan memberlakukan kebijakan larangan kedatangan dan transit ke Indonesia, dimulai 8 Maret 2020.
 
Larangan ini berlaku bagi para turis atau pendatang yang ingin memasuki Indonesia, jika mereka dalam 14 hari terakhir sempat mengunjungi Italia, Korea Selatan, dan Iran. Menlu juga memberikan rincian area rawan di tiga negara tersebut dimana kebijakan ini berlaku, yaitu:
 
1. Italia: Lombardy, Marche, Emilia Romagna, Veneto, dan Piedmont.
2. Korea Selatan: Daegu dan Gyeongsan.
3. Iran: Tehran, Gilan, dan Qom.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Jika pendatang dari area tersebut tetap ingin memasuki Indonesia, maka diwajibkan membawa surat kesehatan yang valid dan berlaku dari pihak berwajib di negara masing-masing. Surat itu harus diserahkan kepada petugas maskapai saat ‘check in’,” ujar Menlu Retno, di Jakarta, Kamis, 5 Maret 2020.
 
Sebelum mendarat, pendatang juga diwajibkan mengisi ‘health alert card’ atau kartu waspada kesehatan yang akan disiapkan oleh Kementerian Kesehatan RI.
 
Bagi Warga Negara Indonesia yang datang dari tiga negara tersebut, maka harus menjalani pemeriksaan kesehatan dibandara ketibaan.
 
“Kebijakan ini bersifat sementara dan akan dievaluasi sesuai perkembangan,” jelas Menlu Retno.
 
Kebijakan ini merupakan respons atas laporan dari World Health Organization (WHO) yang menyatakan bahwa angka infeksi virus korona di luar Tiongkok terus meningkat.
 
Adapun pelarangan ini akan berlaku pada Minggu 8 Maret 2020 pukul 00:00 WIB. (Flory Ambarita)

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif