Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta. (SEYLLOU / AFP)
Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta. (SEYLLOU / AFP)

Indonesia Siap Dukung Timor Leste Supaya Resmi Jadi Anggota ASEAN

Marcheilla Ariesta • 27 November 2022 08:13
Jakarta: Indonesia siap mendukung Timor Leste sebagai anggota resmi ASEAN. Duta Besar Indonesia untuk ASEAN Derry Amman menegaskan, selama ini Indonesia sudah memberikan bantuan berupa pengembangan kapasitas untuk Timor Leste.
 
"Kita akan perkuat dan tingkatkan program capacity building ini, untuk memperkuat kapastitas Timor Leste, tak hanya agar dia jadi anggota ASEAN," kata Derry kepada media di sela Conference on Indonesia Foreign Policy (CIFP) 2022 di Jakarta, Sabtu, 26 November 2022.
 
Keputusan di Phnom Penh, Kamboja saat KTT ASEAN, diambil cukup lama. Sudah 10 tahun Timor Leste mengajukan keinginannya bergabung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bahkan dalam kunjungannya ke Jakarta pertengahan tahun ini, Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta mengungkapkan kembali keinginan negaranya bergabung dengan ASEAN. Sudah lebih dari 10 tahun negaranya menyatakan keinginan untuk bergabung.
 
"Sepertinya lebih mudah mencapai jalan ke Surga daripada masuk ASEAN," katanya kala itu.
 
Ditanya mengenai kendala pengambilan keputusan keanggotaan Timor Leste, Derry menjelaskan, ada masalah rasional.
 
"Segala sesuatu ada rasionalnya. Kita ASEAN harus benar-benar melihat kapan waktu yang pas untuk Timor Leste masuk sebagai anggota ASEAN," ujarnya.
 
"Kan yang dikhawatirkan, dengan masuknya (Timor Leste) sebagai anggota ASEAN dengan kapasitas yang ada saat ini, mungkin mempengaruhi kemajuan ASEAN," sambungnya.
 
Makanya, kata dia, yang perlu Indonesia lakukan saat ini terus memberikqn dukungan. Dalam hal ini, memperkuat pembangunan kapasitas Timor Leste agar bisa mulus resmi menjadi anggota ASEAN.
 
ASEAN mengumumkan bahwa pada prinsipnya telah sepakat mengakui Timor Leste sebagai anggota ke-11 blok tersebut pada pertengahan bulan ini. Namun, baru prinsip saja, belum secara resmi.
 
Dalam pertemuan puncak KTT ASEAN di Phnom Penh, Kamboja, bulan ini, ASEAN mengatakan Timor Leste akan diberikan status pengamat seiring berjalannya proses formulasi "peta jalan menuju keanggotaan penuh."
 
Menurut Ramos-Horta, menjadi anggota ASEAN sepenuhnya tidak akan terjadi sekejap, dan mungkin akan memakan waktu selama beberapa tahun ke depan. Ia mengatakan keanggotaan ASEAN ini akan menguntungkan Timpor Leste yang masih berusia muda.
 
Timor Leste merayakan 20 tahun kemerdekaan tahun ini. Tetapi negara berpenduduk 1,3 juta orang ini sangat bergantung pada cadangan minyak dan gas yang semakin menipis.
 
Keanggotaan di ASEAN akan memungkinkan Timor Leste untuk membuka hubungan diplomatik yang lebih luas dengan mitra dialog blok tersebut. Timor Leste juga akan mendapat peluang yang lebih besar dalam hal investasi asing langsung, serta kesempatan yang lebih baik kepada masyarakat di bidang pendidikan dan lapangan pekerjaan.
 
Baca:  Bagi Presiden Timor Leste, Keanggotaan ASEAN adalah Mimpi Seumur Hidup
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif