Menlu Retno Marsudi lakukan rangkaian pertemuan dengan Menlu ASEAN. Foto: Dok.Kemenlu
Menlu Retno Marsudi lakukan rangkaian pertemuan dengan Menlu ASEAN. Foto: Dok.Kemenlu

Menlu ASEAN Ketemuan di New York, Dorong Isu Myanmar Jadi Pembahasan di KTT

Fajar Nugraha • 23 September 2022 08:01
New York: Menteri luar negeri dari negara ASEAN melakukan pertemuan di New York, Amerika Serikat (AS) untuk membahas persiapan KTT ASEAN. Menlu Retno Marsudi dorong isu implementasi lima poin konsensus mengenai Myanmar untuk dibahas.
 
“Saya tegaskan kembali bahwa bagi Indonesia, kepentingan bersama ASEAN harus menjadi prioritas utama kita. Kemajuan pembangunan komunitas ASEAN harus terus berlanjut,” Menlu RI Retno Marsudi menyampaikan hal tersebut di depan para Menlu ASEAN dalam Informal ASEAN Foreign Ministers’ Meeting (IAMM), di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB ke-77 di New York, pada 22 September 2022.
 
IAMM kali ini yang dilakukan di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB membahas antara lain persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Phnom Penh, Kamboja, November 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam pertemuan tersebut, Menlu Retno mendorong agar dalam KTT bulan November di Phnom Penh nanti, isu implementasi 5 Points Consensus (5PC) dapat dibahas secara khusus oleh para Pemimpin ASEAN. Para Menlu sepakat dengan usulan tersebut.
 
Guna mempersiapkan pembahasan di KTT, para Menlu juga sepakat untuk melakukan Pertemuan Persiapan pada tingkat Menteri Luar Negeri, yang akan dilakukan di Jakarta pada Oktober 2022.
 
Five-point consensus adalah kesepakatan terkait langkah penyelesaian situasi di Myanmar, antara lain: Penghentian kekerasan, dialog konstruktif antara semua pihak terkait di Myanmar untuk mencapai solusi damai.
 
Kemudian juga penunjukan Utusan Khusus ASEAN untuk Myanmar untuk fasilitasi proses dialog. Termasuk juga penyaluran bantuan kemanusiaan oleh ASEAN, dan kunjungan Utusan Khusus ASEAN ke Myanmar untuk bertemu dengan semua pihak.

 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif