Presiden Joko Widodo pastikan undang Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina untuk hadir di KTT G20. Foto: Biro Pers Setpres
Presiden Joko Widodo pastikan undang Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina untuk hadir di KTT G20. Foto: Biro Pers Setpres

Diundang Jokowi, Putin Pastikan Akan Hadir di KTT G20

Internasional Jokowi Vladimir Putin Indonesia Ketua G20 G20 Presidensi G20 Perang Rusia-Ukraina
Fajar Nugraha • 29 April 2022 17:25
Jakarta: Presiden Joko Widodo memastikan untuk tetap mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri pertemuan puncak KTT G20, di Bali pada November 2022. Hal ini disampaikan Jokowi dalam perbincangan melalui telepon dengan Presiden Putin pada Kamis 28 April 2022 malam.
 
“Saya berbicara di telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam perbincangan telepon dan saya memperoleh perkembangan situasi saat ini,” ujar Presiden Jokowi dalam pernyataan pers virtual pada Jumat 29 April 2022.
 
Baca: Telepon Putin, Jokowi Bahas G20 Hingga Invasi Rusia ke Ukraina.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kita paham bahwa G20 memiliki peran sebagai katalisator dalam pemulihan ekonomi dunia dan kalau kita bicara mengenai pemulihan ekonomi dunia maka terdapat dua hal besar yang mempengaruhi saat ini, yaitu yang pertama pandemi covid- 19 dan yang kedua, perang di Ukraina,” tutur Presiden.
 
Dalam konteks inilah maka dalam pembicaraan telepon Jokowi dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, dirinya mengundang Zelensky untuk hadir dalam KTT G20. Kemudian pada perbincangan telepon undangan kehadiran juga ditujukan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.
 
Menurut Jokowi, Putin memberikan mengenai situasi di Ukraina termasuk proses negosiasi yang terus berlangsung antara Rusia dan Ukraina.
 
“Saya kembali menekankan pentingnya perang segera diakhiri. Saya juga menekankan agar solusi damai dapat terus dikedepankan dan Indonesia siap berkontribusi untuk upaya damai tersebut,” ucap Jokowi.
 
“Dalam kesempatan tersebut, Presiden Putin menyampaikan Terima kasih atas undangan KTT G20 dan beliau menyatakan akan hadir,” tegas Presiden.
 
Terakhir Presiden menegaskan bahwa sebagai pemegang Presidensi G20, Indonesia ingin menyatukan G20, jangan sampai ada perpecahan. Perdamaian dan stabilitas adalah kunci bagi pemulihan dan pembangunan ekonomi dunia.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif