Vaksin Sinovac buatan Tiongkok. Foto: AFP.
Vaksin Sinovac buatan Tiongkok. Foto: AFP.

Singapura Nantikan Pasokan Vaksin dari Moderna dan Sinovac

Internasional singapura covid-19 vaksin covid-19
Marcheilla Ariesta • 04 Januari 2021 20:58
Singapura: Singapura akan menerima lebih banyak vaksin virus korona (covid-19) dalam beberapa bulan kedepan. Menurut Menteri Kesehatan Gan Kim Yong, vaksin-vaksin yang akan datang termasuk dari perusahaan Amerika Serikat (AS), Moderna dan Tiongkok, Sinovac.
 
Pada Desember lalu, Singapura telah menerima pengiriman pertama vaksin Pfizer-BioNTech.
 
Gan menuturkan di Parlemen akan tersedia cukup vaksin untuk warga Singapura dan penduduk asing yang tinggal di sana hingga kuartal ketiga 2021. Pasokan ini akan aman jika semuanya berjalan sesuai rencana.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Vaksin akan tiba di Singapura secara bertahap, mengingat permintaan global yang tinggi, terutama dari negara-negara dengan tingkat penularan tinggi," ucap of Gan, dilansir dari Straits Times, Senin, 4 Januari 2021.
 
Perusahaan farmasi juga akan membutuhkan waktu untuk meningkatkan produksi dan distribusi vaksin.
 
Vaksin Pfizer-BioNTech merupakan vaksin covid-19 pertama yang disetujui penggunaannya di Singapura. Sebanyak 40 karyawan Pusat Penyakit Infeksi Nasional telah menerima dosis vaksin pada Rabu lalu.
 
Baca juga: Singapura Siapkan Kartu Vaksinasi Covid-19
 
Beberapa vaksin, termasuk yang dikembangkan Pfizer-BioNTech mengharuskan setiap orang menerima dua dosis dengan selang waktu 21 hari.
 
"Tentunya ini akan memakan waktu hingga 14 hari lagi setelah dosis kedua untuk mencapai perlindungan maksimal terhadap virus," imbuhnya.
 
Singapura tidak memaksa warganya untuk mendapatkan vaksin. Namun, Gan mengimbau agar setiap warga menerima vaksin yang ditawarkan kepada mereka.
 
"Pada saat yang sama, kami akan menguji sistem kami secara menyeluruh sebelum meningkatkannya untuk memastikan bahwa program vaksinasi berjalan lancar dan keselamatan warga tidak terganggu," pungkasnya.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif