Indonesia ambil tema ‘Recover Together, Recover Stronger’ dalam Presidensi G20 2022. Foto: AFP
Indonesia ambil tema ‘Recover Together, Recover Stronger’ dalam Presidensi G20 2022. Foto: AFP

Kepemimpinan Indonesia di G20 Tuai Pujian dari Negara Anggota

Internasional Jokowi ukraina Volodymyr Zelensky G20 Presidensi G20 Perang Rusia-Ukraina
Marcheilla Ariesta • 28 April 2022 17:47
Jakarta: Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan diundang Presiden Joko Widodo untuk menghadiri pertemuan puncak G20. Terkait hal tersebut, Kementerian Luar Negeri angkat bicara.
 
Co-Sherpa G20 Indonesia, Dian Triansyah Djani membenarkan adanya komunikasi dan konsultasi terjalin antara Jokowi dan Zelensky.
 
“Komunikasi dan konsultasi juga dilakukan pada level Presiden RI termasuk pembicaraan dengan Presiden Ukraina yang mulia Presiden Zelensky,” kata Trian dalam jumpa pers virtual, Kamis, 28 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Jokowi Tegaskan Indonesia Siap Berikan Bantuan Kemanusiaan ke Ukraina.
 
Meski demikian, pihaknya tak memberikan penjelasan mengenail hasil pembicaraan antara kedua kepala negara tersebut. Menurut Trian, nantinya pihak Istana yang akan mengumumkan perihal kepastian kehadiran Zelensky dalam forum G20.
 
“Hasil pembicaraan antara kedua kepala negara tentunya akan disampaikan langsung oleh pihak Istana,” tutur dia.
 
Selain itu, Trian juga menyampaikan hasil lawatan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ke Eropa beberapa waktu lalu.
 
Dari kunjungan tersebut, kata Trian, terdapat kepercayaan tinggi dari negara anggota G20 terhadap Presidensi Indonesia. Ia menuturkan, negara anggota G20 memberikan apresiasi terhadap posisi Indonesia dalam memimpin Presidensi G20 tahun ini.
 
“Termasuk terkait komunikasi dan konsultasi yang terus dilakukan oleh Indonesia secara terbuka dan tentunya dukungan terhadap presiden Indonesia sangat besar dan kuat,” katanya.
 
Baca: Zelensky Mengaku Telah Diundang Jokowi ke KTT G20.
 
Kemarin, Zelensky berterima kasih kepada Jokowi atas dukungan untuk integritas kedaulatan, serta undangan untuk menghadiri pertemuan puncak G20.
 
"Telah mengadakan pembicaraan dengan Presiden Jokowi dan mengucapkan terima kasih kepadanya atas dukungan integritas kedaulatan dan teritorial, khususnya dengan posisi yang jelas di PBB," seru Zelensky.
 
Meski demikian, Jokowi dalam unggahannya di Twitter, tidak menyebutkan mengundang Zelenksy untuk hadir di KTT G20. Namun, Jokowi menegaskan Indonesia siap untuk memberikan bantuan kemanusiaan ke Ukraina.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif