Para pemimpin ASEAN dalam pertemuan KTT ASEAN di Phnom Penh, Kamboja. Foto: AFP
Para pemimpin ASEAN dalam pertemuan KTT ASEAN di Phnom Penh, Kamboja. Foto: AFP

Timor Leste Dapat Dukungan Untuk Bergabung dengan ASEAN

Fajar Nugraha • 11 November 2022 14:41
Phnom Penh: Para pemimpin Asia Tenggara pada Jumat 11 November 2022 setuju untuk mengizinkan Timor Leste bergabung dengan ASEAN yang beranggotakan 10 negara.Hal itu dipastikan dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh tuan rumah KTT ASEAN, Kamboja.
Namun untuk saat inipara pemimpin regional setuju untuk memberikan status pengamat Timor Leste dan hak untuk menghadiri pertemuan ASEAN dan sesi KTT.
 
"Kami para pemimpin Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara, pada prinsipnya sepakat untuk mengakui Timor-Leste sebagai anggota ke-11 ASEAN," sebut pernyataan dari ASEAN.
“ASEAN akan memberikan status observer atau pengamat kepada Timor Leste dan mengizinkan mereka berpartisipasi ke seluruh pertemuan ASEAN, termasuk KTT,” imbuh pernyataan itu.
 
Pernyataan ASEAN itu juga menyebutkan, blok Asia Tenggara itu untuk merumuskan peta jalan bagi keanggotaan penuh Timor Leste di ASEAN. Ini termasuk identifikasi isu yang dilakukan tim pencari fakta oleh pilar ASEAN Community dan ASEAN Coordinating Council (ACC). Ini untuk formulasi peta jalan dan mengadopsi KTT ke-42 ASEAN.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Seluruh anggota ASEAN dan rekan eksternal akan mendukung penuh Timor Leste untuk mencapai peta jalan menetapkan kriteria yang harus dicapai, yang disertai pembangunan kapasitas dan dukungan demi keanggotaan penuh ASEAN,” sebut ASEAN.
 
Timor Leste adalah negara termuda di Asia Tenggara, setelah memperoleh kemerdekaan dari Indonesia pada 2002 setelah 24 tahun pendudukan.Bekas jajahan Portugis itu adalah salah satu negara termiskin di dunia dan bergulat dengan tingkat ketimpangan, kekurangan gizi, dan pengangguran yang tinggi.
 
Presiden Jose Ramos-Horta telah lama berkampanye untuk keanggotaan ASEAN dan aplikasi pertama kali diajukan pada 2011.
 
Ramos-Horta, yang dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian, memenangkan masa jabatan kedua pada April, setelah sebelumnya menjabat dari 2007 hingga 2012.
 
Indonesia -,yang mengambil alih kursi Ketua ASEAN dari Kamboja pada 2023,- berharap Timor Leste bisa resmi bergabung dengan keluarga ASEAN tahun depan.
 
ASEAN dimulai sebagai blok lima anggota pada tahun 1967 dan telah berkembang secara bertahap, dengan penambahan terakhir Kamboja pada tahun 1999.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif