Kerusakan di gedung sekolah akibat gempa di Cianjur. Foto: BNPB
Kerusakan di gedung sekolah akibat gempa di Cianjur. Foto: BNPB

Singapura Akan Beri Bantuan Rp1,1 Miliar untuk Korban Bencana Gempa Cianjur

Medcom • 25 November 2022 11:57
Singapura: Pemerintah Singapura akan menyumbang 100.000 dolar Singapura atau Rp1,1 miliar kepada Palang Merah Singapura (The Singapore Red Cross/SRC). Bantuan itu untuk mendukung upaya penanggulangan bencana dan kemanusiaan di Cianjur, setelah gempa bumi pada 21 November 2022.
 
Menurut Kementerian Luar Negeri Singapura pada pernyataan press Kamis, 24 November 2022 bahwa kontribusi tersebut akan melengkapi janji SRC sebesar 50.000 dolar Singapura untuk mendukung kebutuhan mendesak mereka yang terkena dampak gempa, termasuk makanan, bantuan medis, dan tempat tinggal darurat.
 
Singapore Civil Defence Force (SCDF) juga mengatakan telah memantau situasi di Indonesia, termasuk melalui Pusat Koordinasi Bantuan Kemanusiaan untuk Penanggulangan Bencana Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"SCDF siap memberikan bantuan pencarian dan penyelamatan perkotaan dan bantuan kemanusiaan jika diminta,” sebut pernyataan dari Kemenlu Singapura, dikutip dari Channel News Asia, Jumat 25 November 2022. 
 
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen Suharyanto mengatakan korban tewas gempa di Cianjur mencapai 272 jiwa. Dari 272 ini yang sudah dapat diidentifikasi nama dan alamat ada 165 orang,
 
Dia menjelaskan saat ini pihaknya juga mencatat ada 107 jenazah yang identitasnya masih dicari. Ribuan petugas di lokasi terdampak juga masih melakukan pencarian terhadap 39 orang yang dilaporkan hilang dalam bencana tersebut. (Mustafidhotul Ummah) 
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif