Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam Pernyataan Pers Tahunan Menteri (PPTM) 2022. Foto: Layar Tangkap YouTube Kemenlu RI
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam Pernyataan Pers Tahunan Menteri (PPTM) 2022. Foto: Layar Tangkap YouTube Kemenlu RI

Perkuat Kedaulatan, Selama 2021 RI Lakukan 17 Perundingan Batas Wilayah

Marcheilla Ariesta • 06 Januari 2022 17:03
Jakarta: Sepanjang 2021, Indonesia melakukan 17 perundingan untuk memperkuat kedaulatan. Perundingan itu dilakukan dengan Filipina, Malaysia, Palau dan Vietnam.
 
"Jumlah negosiasi yang dilakukan selama pandemi ternyata dua kali lipat dibandingkan 2020 yang hanya sebanyak tujuh kali," ucap Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam Pernyataan Pers Tahunan Menteri (PPTM) 2022, Kamis, 6 Januari 2022.
 
Retno menuturkan, akselerasi intensitas perundingan perbatasan darat dan maritim akan terus ditingkatkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan Malaysia, diharapkan Perjanjian Batas Laut Teritorial di segmen Laut Sulawesi dan segmen Selat Malaka bagian Selatan dapat ditandatangani," ujarnya.
 
Sementara itu, ada dua rencana dengan Filipina, yakni memulai perundingan penetapan batas landas kontinen di tingkat teknis. Sedangkan yang kedua adalah menindaklanjuti kesepakatan untuk menetapkan batas landas kontinen dan ZEE dalam dua garis batas yang berbeda.
 
"Perundingan batas maritim tentunya selalu didasarkan pada UNCLOS 1982," terang Retno.
 
Ia menekankan, satu prinsip terkait kedaulatan dan hak berdauan di perairan Indonesia. Klaim apapun, tegas Retno, oleh pihak manapun harus dilakukan sesuai dengan hukum internasional, termasuk UNCLOS 1982.
 
"Dan Indonesia akan terus menolak klaim yang tidak memiliki dasar hukum yang diakui secara internasional," tegasnya
 
Di 2022, prioritas yang akan diberikan untuk batas darat antara lain dengan Malaysia dalam menyelesaikan demarkasi Outstanding Boundary Problems (OBP) sektor Timur, termasuk Pulau Sebatik.
 
Juga dengan Timor Leste, yakni menyelesaikan sisa dua Unresolved Segments sesuai dengan 'Agreed Principles' yang sudah disepakati pada 2019.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif