Duta Besar Prancis untuk Indonesia Olivier Chambard bersama Presiden Joko Widodo dan Menlu Retno Marsudi. Foto: Istana Kepresidenan
Duta Besar Prancis untuk Indonesia Olivier Chambard bersama Presiden Joko Widodo dan Menlu Retno Marsudi. Foto: Istana Kepresidenan

Krisis Covid-19 Jadi Kesempatan Penguatan Kolaborasi Antar Negara

Marcheilla Ariesta • 11 Juni 2020 05:00
Jakarta: Duta Besar Prancis untuk Indonesia Olivier Chambard mengatakan, solidaritas adalah salah satu kunci untuk menghasilkan dunia yang damai. Terlebih di tengah-tengah pandemi virus korona (covid-19).
 
"Krisis yang ada saat ini merupakan kesempatan untuk membangun kembali dunia yang berkelanjutan. Untuk hadapi tantangan ini, diperlukan koordinasi dan solidaritas kuat antarnegara," kata Chambard dalam webinar yang digelar Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Rabu 10 Juni 2020.
 
Menurut dia, tidak semua negara memiliki kemampuan yang sama untuk menghadapi tantangan ini. "Karenanya pencapaian tidak hanya boleh terjadi di negara kalian saja, tapi di seluruh dunia sebagai solidaritas bersama," imbuhnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal tersebut juga disetujui Dubes RI untuk Prancis Arrmanatha Nasir. Dia menyebutkan krisis ini malah menjadi kesempatan besar untuk menunjukkan kolaborasi kuat antarnegara.
 
Arrmanatha menjelaskan, ini yang ingin disampaikan Indonesia dalam Paris Peace Forum (PPF) pada November mendatang. Dia mengajak berbagai organisasi masyarakat sipil di Indonesia ikut serta dalam forum tersebut.
 
"Partisipasi Anda dalam forum ini dengan proyek yang sukses dilakukan akan menunjukkan kontribusi Indonesia," serunya.
 
PPF merupakan forum yang diinisiasi Pemerintah Prancis untuk menampilkan proyek-proyek dari organisasi masyarakat terkait isu global. Tahun ini, isu kesehatan akan menjadi tema dari kegiatan tersebut.

 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif