Pesawat jet tempur Rafale hendak lepas landas dari kapal induk Charles-de-Gaulle milik Prancis. (Theophile Bloudanis / X04108 / AFP)
Pesawat jet tempur Rafale hendak lepas landas dari kapal induk Charles-de-Gaulle milik Prancis. (Theophile Bloudanis / X04108 / AFP)

Alasan Indonesia Beli Pesawat Jet Tempur Rafale dari Prancis

Marcheilla Ariesta • 12 September 2022 16:18
Jakarta: Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra mengungkapkan alasan Indonesia memilih membeli pesawat jet tempur Rafale dari Prancis. Menurutnya, hal ini dilakukan dalam rangka memperkuat pertahanan Indonesia di tengah situasi tak menentu di kancah global.
 
"Kita dari Kementerian Pertahanan dan TNI Angkatan Udara akan melihat beberapa pesawat yang akan menjadi milik kita," ujar Herindra di Lanud Halim Perdanakusumah, Senin, 12 September 2022.
 
"Di antaranya yaitu A400 dan pesawat Rafale. Ini merupakan sebuah terobosan karena melihat situasi, sekali lagi kita harus memiliki angkatan yang kuat," serunya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Herindra juga menegaskan, pemerintah Indonesia terus berupaya mencari solusi untuk mewujudkan pertahanan udara yang kuat.
 
"Kita selalu mencari solusi, bagaimana memperkuat pertahanan kita. Dan mudah-mudahan apa yang kita lakukan memberikan pengalaman berguna, khususnya bagi angkatan udara kita," kata Herindra.
 
"Sekarang kita baru ada A400, ke depan dalam memperkuat keamanan dan pertahanan, kita akan mencari alutsista terbaik," sambungnya.
 
Herindra berharap pesawat jet tempur Rafale yang sudah dibeli Indonesia dapat secepatnya dikirim. "Secepatnya kita minta pihak Prancis kirimkan. Lebih cepat lebih baik," pungkasnya.
 
Baca:  Karena Ini RI Borong 42 Jet Tempur Rafale dari Prancis

 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif