Api berkobar di sebuahb penjara di wilayah Krabi, Thailand, 17 Desember 2021. (AFP)
Api berkobar di sebuahb penjara di wilayah Krabi, Thailand, 17 Desember 2021. (AFP)

Protes Penanganan Klaster Covid-19, Narapidana Bakar Penjara Thailand

Willy Haryono • 18 Desember 2021 12:35
Krabi: Ratusan narapidana membakar sebuah penjara di Thailand dalam kerusuhan dua hari yang dipicu aksi protes penanganan klaster Covid-19. Sejumlah narapidana dilaporkan terluka saat sipir dan petugas keamanan penjara berusaha memulihkan situasi.
 
Penjara-penjara di Thailand dikenal padat, dan banyak di antaranya kelebihan kapasitas. Sejak pandemi tahun lalu, otoritas Thailand kewalahan menangani penyebaran Covid-19 di lingkungan penjara.
 
Menurut data Departemen Lembaga Pemasyarakatan Thailand, dilansir dari Al Arabiya Sabtu, 18 Desember 2021, terdapat lebih dari 87 ribu narapidana terinfeksi Covid-19 sejak awal pandemi, dengan 185 di antaranya meninggal dunia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Otoritas Thailand berencana memeriksa kerusakan di sebuah penjara di wilayah Krabi, usai 400 narapidana yang tinggal di sana memulai kerusuhan pada Kamis malam. Mereka mendesak otoritas Thailand untuk menyingkirkan narapidana yang terinfeksi Covid-19.
 
Penjara di wilayah Krabi dihuni lebih dari 2.100 narapidana, dan sekitar 300 di antaranya positif Covid-19.
 
Pembakaran penjara dilakukan pada Jumat malam, satu hari usai terjadinya kebakaran di lokasi serupa, di mana 31 orang ditahan dan dibawa ke fasilitas lain.
 
"Mereka semua dibawa ke sebuah penjara berkeamanan tinggi," kata juru bicara deputi kepolisional nasional Thailand, Kissana Phathanacharoen.
 
"Tidak ada korban tewas dalam peritiwa ini, hanya beberapa orang yang terluka," sambungnya. Media lokal melaporkan adanya 14 narapidana yang terkena luka tembak peluru karet.
 
Otoritas Thailand selatan mengklaim situasi di penjara yang terbakar sudah mulai kondusif, dan jajaran sipir mulai memeriksa intensitas skala kerusakan.
 
Menenai situasi penanganan Covid-19, sekitar 93 persen dari 281.535 narapidana di Thailand sudah menjalani divaksinasi secara lengkap.
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif