NEWSTICKER
Perdana Menteri Malaysia yang baru dilantik, Muhyiddin Yassin batal ke Indonesia karena merebaknya virus korona. Foto: AFP
Perdana Menteri Malaysia yang baru dilantik, Muhyiddin Yassin batal ke Indonesia karena merebaknya virus korona. Foto: AFP

Kunjungan PM Baru Malaysia ke Indonesia Batal Karena Covid-19

Internasional Virus Korona indonesia-malaysia Coronavirus Muhyiddin Yasin
Marcheilla Ariesta • 20 Maret 2020 19:16
Kuala Lumpur: Menteri Luar Negeri Malaysia Hishammuddin Hussein mengatakan, rencana kunjungan Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin ke Indonesia dibatalkan. Pembatalan rencana kunjungan kenegaraan ini karena merebaknya virus korona covid-19 di dunia.
 
Baik Indonesia dan Malaysia sama-sama merupakan negara terkena dampak virus korona. Diumumkannya pembatalan kunjungan kenegaraan dilakukan setelah Hishammuddin berbincang dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.
 
"Pertama, kami mendiskuiskan mengenai kunjungan kenegaraan PM Muhyiddin ke Indonesia yang rencananya dilakukan akhir Maret, namun kini telah ditunda," tutur Hishammudin dalam pernyataan yang diunggahnya di Facebook, Jumat, 20 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Muhyiddin dilantik awal bulan ini setelah terjadi krisis politik di Negeri Jiran. Dia diangkat oleh Raja Malaysia setelah para anggota parlemen diundang ke Istana Negara.
 
Selain membahas pembatalan kunjungan kenegaraan, kedua menlu tersebut juga mendiskusikan rencana KTT ASEAN yang akan dilakukan di Vietnam bulan depan.
 
Mereka juga mendiskusikan masalah penanganan virus korona covid-19. Malaysia disebut sebagai negara terbanyak pasien covid-19 dengan jumlah mencapai 900 orang.
 
Sebagian besar dari pasien tersebut mengikuti kegiatan tabligh akbar di Masjid Jamek Sri Petaling Kuala Lumpur. Sebanyak 12 warga negara Indonesia (WNI) juga termasuk dalam kegiatan tersebut dan dinyatakan positif korona.
 
Kegiatan tabligh akbar tersebut digelar pada akhir bulan lalu dan menjadi potensi penyebaran virus korona. Sementara itu, dua orang dilaporkan meninggal dunia akibat virus covid-19.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif