Banjir yang melanda Vietnam menewaskan 18 orang warga. Foto: AFP
Banjir yang melanda Vietnam menewaskan 18 orang warga. Foto: AFP

18 Orang Tewas dalam Banjir yang Melanda Vietnam

Internasional banjir vietnam
Fajar Nugraha • 12 Oktober 2020 18:09
Hanoi: Sedikitnya 18 orang tewas dan puluhan orang hilang setelah banjir menenggelamkan rumah-rumah di Vietnam. Gelombang laut yang ganas turut membalikkan kapal-kapal nelayan.
 
Media pemerintah memperlihatkan seluruh desa terendam air di Quang Tri dan Quang Nam. Sementara banjir dengan air berwarna keruh menyapu Kota Hue dan hotspot wisata Hoi An selama akhir pekan.
 
“Lebih dari seratus ribu rumah terendam banjir dan hampir 46.000 orang dievakuasi,” kata otoritas manajemen bencana Vietnam, seperti dikutip AFP, Senin 12 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Militer melakukan penyelamatan dramatis dengan helikopter terhadap delapan nelayan yang tersapu oleh gelombang laut yang ganas di Provinsi Quang Tri.
 
“Namun, di antara korban tewas ada tiga nelayan. Sedangkan tiga warga lainnya hilang,” imbuh pihak manajemen bencana Vietnam.
 
Vietnam sering dilanda cuaca buruk di musim hujan antara Juni dan November, dengan daerah pantai tengah paling rentan.
 
Negara ini bersiap untuk badai lain yang datang dari Laut China Selatan, dengan perkiraan hujan lebat lagi.
 
Sekitar 132 orang dilaporkan tewas atau hilang akibat bencana alam di Vietnam tahun lalu. Tahun ini pemerintah bersiap menghadapi bencana, meskipun pandemi covid-19 sepertinya tidak berpengaruh banyak ke Vietnam.
 
Menurut data Johns Hopkins University Senin 12 Oktober 2020, kasus positif covid-19 di Vietnam mencapai 1.109 orang dan angka kematian hanya menyentuh 35 jiwa.Sementara 1.024 orang warga Vietnam lainnya sembuh dari penyakit itu.

 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif