Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA). (Foto: AFP)
Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA). (Foto: AFP)

Tiongkok Ingin Perkuat Kerja Sama dengan Militer RI

Internasional Virus Korona indonesia-tiongkok
Marcheilla Ariesta • 29 Juli 2020 15:32
Jakarta: Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) sudah berdiri sejak 93 tahun lalu. Tiongkok mengklaim PLA sebagai salah satu tentara terkuat di dunia.
 
"Dalam kurun waktu 93 tahun pembangunan, PLA sudah menjadi salah satu tentara kuat yang mempunyai matra terpadu, mewujudkan mekanisasi dan informanisasi," kata Atase Pertahanan Tiongkok untuk Indonesia, Zhou Jian, dalam pidatonya untuk HUT ke-93 PLA.
 
Dalam pernyataan yang diterima Medcom.id dari Kedutaan Besar Tiongkok, Rabu, 29 Juli 2020, Tiongkok mengaku selalu menjalankan kebijakan pertahanan defensif dan secara aktif menjalin hubungan militer dengan negara-negara sahabat, termasuk Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, Negeri Tirai Bambu juga mengatakan selalu membela perintah internasional yang berpusat pada PBB.
 
"Hubungan militer antara Tiongkok dan Indonesia beberapa tahun belakangan ini berkembang pesat. Kedua pihak juga sudah melakukan kerja sama dalam penanggulangan covid-19," imbuh mereka. Beijing berharap persahabatan militer antar kedua negara bisa semakin diperkuat.
 
"Kedua pihak akan bergandeng tangan untuk mengatasi tantangan global, memberi sumbangan lebih banyak dalam upaya pembangunan hubungan internasional yang tipe baru dan komunitas senasib sepenanggungan, menciptakan masa depan dunia lebih cemerlang," serunya.

 

(WIL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif