Muhyiddin Yassin (tengah) didampingi sang istri Noraini Abdul Rahman (kiri) melambaikan tangan di kediamannya di Malaysia, Kuala Lumpur. (Foto: AFP/MOHD RASFAN)
Muhyiddin Yassin (tengah) didampingi sang istri Noraini Abdul Rahman (kiri) melambaikan tangan di kediamannya di Malaysia, Kuala Lumpur. (Foto: AFP/MOHD RASFAN)

Muhyiddin Yassin Resmi Dilantik Jadi PM Baru Malaysia

Internasional anwar ibrahim politik malaysia mahathir mohamad Muhyiddin Yasin
Willy Haryono • 01 Maret 2020 09:58
Kuala Lumpur: Mantan Menteri Dalam Negeri Malaysia Muhyiddin Yassin resmi dilantik menjadi Perdana Menteri ke-8 di negara tersebut pada Minggu 1 Maret 2020. Mahathir Mohamad, PM ke-7 Malaysia, mengecam pelantikan ini sebagai sesuatu yang ilegal.
 
Dikutip dari AFP, Muhyiddin mengucapkan sumpah jabatan di Istana Negara Malaysia di Kuala Lumpur. Pelantikan ini merupakan klimaks dari pekan penuh drama dan intrik di Malaysia menyusul tumbangnya koalisi berkuasa Pakatan Harapan dan pengunduran diri Mahathir.
 
Sebelumnya, Mahathir menegaskan bahwa pihaknya tidak memberikan dukungan suara kepada Muhyiddin Yassin sebagai Perdana Menteri kedelapan Malaysia. Sebagai pengurus Parti Pribumi Bersatu Malaysa (PPBM), Mahathir masih memiliki hak di parlemen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya ingin menjelaskan sebagai pengurus Parti Pribumi Bersatu Malaysia (PPBM). Bersama lima lagi anggota parlemen PPBM, tidak memberikan dukungan kepada Muhyiddin Yassin," tegas Mahathir dalam keterangannya di Twitter.
 
"Hal ini membuat jumlah dukungan yang disampaikan oleh Muhyiddin kepada Yang di-Pertuan Agung adalah tidak tepat," imbuh Mahathir.
 
Sebelum menjadi Presiden Partai Bersatu, Muhyiddin berasal dari United Malays National Organisation (UMNO). UMNO adalah sebuah partai yang berasal dari koalisi berkuasa sebelumnya di Malaysia, Barisan Nasional.
 
Ia pernah menjadi wakil dari Perdana Menteri Najib Razak, sebelum akhirnya dipecat pada 2015 karena dinilai terlalu kritis terhadap skandal 1Malaysia Development Berhard (1MDB).
 
Usai dipecat, Muhyiddin kemudian bergabung dengan blok oposisi bersama Anwar Ibrahim dan Mahathir Mohamad untuk membentuk koalisi Pakatan Harapan (PH). Pakatan Harapan kemudian berhasil menang dan mendepak Najib dari kekuasaan dalam pemilihan umum 2018.
 
Muhyiddin memiliki pengalaman memimpin beberapa kementerian. Kariernya terus melonjak hingga mencapai ke level federal.
 
Pada 1995 hingga 1999, ia menjabat Menteri Pemuda dan Olahraga. Selesai menjadi Menpora Malaysia, pria 72 tahun itu menjabat Menteri Perdagangan Domestik dan Urusan Konsumen dari 1999 hingga 2004.
 
Selesai mengurusi perdagangan, Muhyiddin kemudian dipercaya memimpin urusan pertanian dan bidang industri di Malaysia. Ia juga pernah menjabat Menteri Perdagangan dan Industri Internasional Malaysia dalam periode yang singkat pada 2009.
 
Di tahun yang sama, Muhyiddin ditunjuk menjadi wakil Najib sekaligus Menteri Pendidikan. Selama kepemimpinannya sebagai Mendikbud Malaysia, Muhyiddin menghapus penggunaan Bahasa Inggris dalam pelajaran sains dan matematika.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif