Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Abdul Aziz Ahmad. Foto: KBRI Arab Saudi
Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Abdul Aziz Ahmad. Foto: KBRI Arab Saudi

Dubes RI: Kloter Pertama Haji Pada Mei, Tanpa Batas Usia

Marcheilla Ariesta • 12 Januari 2023 15:51
Jakarta: Arab Saudi mengembalikan kuota haji Indonesia sebanyak 221 ribu. Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Abdul Aziz Ahmad menyampaikannya dalam sebuah pernyataan.
 
"Kuota haji Indonesia yang diberikan Arab Saudi adalah 221 ribu jemaah. Kuota itu terdiri atas jamaah haji reguler 203.320 jemaah, jemaah khusus 17.680 dan petugas haji 4.200 orang," kata Abdul, dikutip dari YouTube KBRI Riyadh, Kamis, 12 Januari 2023.
 
“Keberangkatan kloter pertama haji dari Indonesia diperkirakan akan dimulai pada Mei 2023,” imbuhnya.
 
Baca: Tak Ada Pembatasan Usia, Jemaah Haji Lansia Dinilai Perlu Diprioritaskan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Abdul mengatakan, kuota haji Indonesia ini sudah kembali ke kuota awal, bahkan lebih tinggi dari pada kuota haji pada 2019, semasa dunia belum mengalami pandemik covid-19.
 
"Haji tahun 2023 ini, kuotanya pulih seperti sedia kala, yaitu 221 ribu jamaah. Kuota ini lebih besar dari pada 2018, yang jamaah Indonesia kuotanya 218.150 jamaah," ucap Abdul.
 
Tahun lalu, kuota haji Indonesia turun 50 persen dari kuota yang seharusnya. Tercatat hanya 100.051 jamaah haji.
 
Abdul memastikan, Negeri Petro Dolar tidak akan membatasi usia jamaah haji di musim tahun ini. Calon jamaah haji yang berusia di atas 65 tahun sudah diperbolehkan naik haji, sesuai ketentuan yang berlaku.
 
"Tahun ini, tidak ada pembatasan usia bagi calon jamaah haji. Karena tahun lalu ada pandemik, jadi dibatasi usianya. Saat itu, syarat usia di bawah 65 tahun," tutur Abdul.
 
"Tentu KBRI Riyadh sangat mengapresiasi transformasi yang dilakukan oleh Saudi di bawah pemerintahan Raja Salman dan Pangeran Mohamad bin Salman," lanjut dia.
 
Abdul mengimbau agar calon jamaah haji Indonesia mempersiapkan diri dengan baik, secara jasmani, kesehatan dan rohani.
 
"Kami harap calon jamaah haji mengikuti semua ketentuan dan persiapan keberangkatan yang ditetapkan pemerintah Indonesia. Ketika sampai di Saudi, kami mengimbau jamaah haji menaati semua peraturan di Saudi," pungkas Abdul.
 

 

 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id

 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif