Sebanyak 15 WNI korban TPPO berhasil dievakuasi dari Laos ke Indonesia. (Kemenlu RI)
Sebanyak 15 WNI korban TPPO berhasil dievakuasi dari Laos ke Indonesia. (Kemenlu RI)

Kemenlu Pulangkan 15 WNI Korban TPPO dari Laos

Willy Haryono • 27 Juni 2022 20:34
Bokeo: Kementerian Luar Negeri telah berhasil memulangkan 15 orang korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dari wilayah segitiga emas di Bokeo, Laos hingga tiba di Tanah Air dengan selamat.
 
Pemulangan dilakukan dalam dua kloter penerbangan pada tanggal 25 dan 26 Juni 2022. Setibanya di Indonesia, para Warga Negara Indonesia (WNI) korban TPPO telah diserahterimakan kepada Kementerian Sosial RI untuk pemeriksaan lanjutan.
 
Berdasarkan keterangan di situs Kemenlu RI, Minggu, 26 Juni 2022, para WNI tersebut berhasil dievakuasi KBRI Vientiane dengan bantuan Kepolisian Nasional Laos dari sebuah perusahaan di kawasan segitiga emas Provinsi Bokeo pada 10 Juni. Proses evakuasi dilanjutkan dengan pemeriksaan awal TPPO di KBRI Vientiane.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hasil pemeriksaan menunjukkan adanya eksploitasi dan intimidasi yang dilakukan perusahaan terhadap ke-15 orang tersebut, yang mengalami tekanan mental dengan jam kerja 15 jam sehari. Mereka juga sempat diancam akan dijual ke perusahaan lain sebagai pekerja seks komersial apabila tidak mencapai target penjualan investasi palsu.?
 
Para korban awalnya tergiur dengan iklan lowongan pekerjaan di media sosial, khususnya Facebook, yang menawarkan pekerjaan sebagai customer service di perusahaan fintech dengan gaji besar dan fasilitas baik. Namun setibanya di Laos, mereka dipaksa bekerja di perusahaan financial scammers, mengalami tekanan dan intimidasi bila tidak mencapai target serta diwajibkan membayar denda apabila memilih keluar dari perusahaan.
 
Modus perekrutan semacam ini makin marak terjadi dalam dua tahun terakhir. Kementerian Luar Negeri c.q. Direktorat Pelindungan WNI telah menyebarluaskan imbauan agar WNI tidak mudah tergiur penawaran kerja semacam itu.
 
Baca:  PMI Jadi Korban Kerja Paksa 9 Tahun di Malaysia, Majikan Diputus Bebas
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif