Relawan membantu ibu hamil masuk ke ambulans pengumpan. Foto: USAID
Relawan membantu ibu hamil masuk ke ambulans pengumpan. Foto: USAID

AS Kucurkan Rp498 Miliar untuk Peningkatan Kesehatan Ibu dan Bayi di Indonesia

Internasional Amerika Serikat indonesia-as bayi
Fajar Nugraha • 23 September 2021 20:06
Jakarta: Guna meningkatkan hasil kesehatan bagi ibu dan bayi baru lahir, Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) meluncurkan program lima tahun senilai USD35 juta atau sekitar Rp498,1 miliar untuk menurunkan kematian ibu dan bayi baru lahir.  Pada dasarnya penyebab kematian yang tinggi dapat dicegah di Indonesia.
 
“Di berbagai tempat di Indonesia, dua ibu dan delapan bayi baru lahir meninggal setiap jam. Banyak dari kematian tragis ini dapat dicegah, mencerminkan kesenjangan yang signifikan dalam sistem pelayanan kesehatan,” sebut pernyataan Duta Besar AS untuk Indonesia Sung Y. Kim dalam keterangan tertulis Kedutaan Besar AS yang diterima Medcom.id, Kamis 23 September 2021.
 
“Program baru, USAID MOMENTUM, akan bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia dan mitra sektor publik serta swasta lainnya agar pelayanan kesehatan lebih terjangkau dan efisien bagi masyarakat Indonesia,” imbuh pernyataan itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


USAID MOMENTUM akan melakukan investasi yang diperlukan untuk meningkatkan akses terhadap pelayanan kesehatan esensial bagi ibu dan bayi baru lahir di fasilitas kesehatan swasta dan publik, meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit. Selain juga untuk mempromosikan kebijakan dan komitmen yang lebih kuat di antara para pemangku kepentingan untuk kesehatan ibu serta bayi baru lahir.
 
“Kami gembira mengumumkan investasi utama yang ditujukan untuk membantu Indonesia meningkatkan kesehatan ibu dan bayi baru lahir. Sebagai badan pembangunan internasional terdepan dari Pemerintah Amerika Serikat, USAID akan melanjutkan kemitraan selama puluhan tahun dengan Pemerintah Indonesia dan sektor swasta untuk memperluas akses pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak-anak,” ungkap Dubes Kim.
 
“USAID MOMENTUM akan memberikan manfaat bagi keluarga-keluarga di seluruh Indonesia,” katanya.
 
Sementara Kunta Wibawa, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan menyebut USAID MOMENTUM selaras dengan tujuan pembangunan Indonesia. Program ini menurutnya mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Indonesia.
 
“Pemerintah Indonesia terus menempatkan penurunan angka kematian ibu dan bayi baru lahir sebagai prioritas utama dalam Strategi Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dan berkomitmen untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan untuk kesehatan ibu dan bayi baru lahir pada tahun 2030. Untuk mencapainya target tersebut, kami bekerja sama dengan USAID melalui Program MOMENTUM,” tegas Kunta.
 
Program USAID MOMENTUM merupakan salah satu dari berbagai inisiatif USAID di Indonesia, yang menunjukkan luasnya hubungan kedua negara. USAID MOMENTUM akan bekerja di provinsi prioritas yaitu Nusa Tenggara Timur, Jawa Timur, DKI Jakarta, Banten, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif