PM Selandia Baru Jacinda Ardern berjabat tangan dengan PM Singapura Lee Hsien Loong saat berkunjung ke Negeri Singa Putih pada Mei 2019. (AFP)
PM Selandia Baru Jacinda Ardern berjabat tangan dengan PM Singapura Lee Hsien Loong saat berkunjung ke Negeri Singa Putih pada Mei 2019. (AFP)

Singapura Ucapkan Selamat atas Kemenangan PM Selandia Baru

Internasional politik singapura selandia baru Jacinda Ardern
Willy Haryono • 18 Oktober 2020 13:02
Singapura: Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengucapkan selamat kepada PM Jacinda Ardern yang meraih kemenangan telak dalam pemilihan umum Selandia Baru pada Sabtu kemarin. PM Ardern menang telak, dan Partai Buruh yang dipimpinnya pun berhasil mencapai mayoritas di parlemen Selandia Baru.
 
Menurut PM Lee, kemenangan PM Ardern "merefleksikan kepercayaan" masyarakat Selandia Baru terhadap pemimpinnya.
 
Dalam sebuah surat yang ditujukan kepada PM Arden pada Minggu, 18 Oktober 2020, PM Lee menyinggung mengenai kedekatan kedua negara. Dalam kunjungan PM Ardern ke Singapura pada Mei tahun lalu, Singapura dan Selandia Baru meningkatkan hubungan diplomatik mereka ke Enhanced Partnership (EP).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"EP menjadi semakin signifikan di tengah pandemi covid-19, dengan terjalinnya kerja sama konkret di banyak area, seperti konektivitas rantai pasokan, multilateralisme vaksin, dan ekonomi digital," tulis PM Lee, dilansir dari laman The Straits Times.
 
"Saya berharap dapat terus bekerja bersama Anda dalam mendorong kepentingan kita bersama, baik secara bilateral atau di fora internasional," lanjutnya.
 
PM Lee juga mengungkapkan dukungan Singapura untuk PM Ardern yang akan menjadi ketua APEC tahun depan. "Saya berharap Anda dapat terus meraih kesuksesan di periode kedua. Saya juga berharap dapat bertemu Anda lagi jika situasinya memungkinkan," ungkap PM Lee.
 
Dengan semua suara yang telah dihitung, Partai Buruh di bawah PM Ardern meraih 49,1 persen suara, sementara Partai Nasional dari kubu oposisi hanya 26,8 persen.
 
Lewat raihan suara yang nyaris mencapai 50 persen, partai PM Ardern meraih mayoritas parlemen Selandia Baru dengan 64 kursi.
 
Pemilu Selandia Baru dijadwalkan berlangsung September lalu, namun terpaksa ditunda satu bulan bulan karena kembali mewabahnya virus korona (covid-19). Menjelang pemilu, lebih dari satu juta warga Selandia Baru sudah menggunakan suara mereka secara dini sejak 3 Oktober.

 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif