Awan tampak di Sorsogon, Filipina selatan jelang hantaman Badai Nalgae. Foto: AFP
Awan tampak di Sorsogon, Filipina selatan jelang hantaman Badai Nalgae. Foto: AFP

13 Orang Tewas Akibat Badai Menerjang Filipina Selatan

Fajar Nugraha • 28 Oktober 2022 11:15
Manila: Tanah longsor dan banjir menewaskan 13 orang saat hujan lebat akibat badai tropis yang melanda Filipina selatan pada Jumat 28 Oktober 2022. Hal ini dipastikan oleh seorang pejabat bencana.
 
“10 orang tewas berasal dari Kota Datu Blah Sinsuat yang dilanda banjir di Pulau Mindanao,” kata Naguib Sinarimbo, juru bicara dan kepala pertahanan sipil pemerintah daerah, kepada AFP.
 
Sinarimbo mengatakan, tim penyelamat dengan perahu karet menemukan tiga mayat lagi di kota tetangga Datu Odin Sinsuat saat mereka menyisir daerah banjir di sekitar kota Cotabato.
 
"Kami berharap korban akan berakhir di sana," tambahnya.
 
Namun, tim penyelamat termasuk unit militer juga memeriksa daerah lain di mana banjir dan tanah longsor telah dilaporkan.
 
Hujan deras mulai Kamis malam di wilayah miskin itu, yang berada di bawah pemerintahan otonomi Muslim setelah puluhan tahun pemberontakan bersenjata separatis.
 
Kantor cuaca negara di Manila mengatakan, bencana ini sebagian disebabkan oleh Badai Tropis Nalgae, jauh di timur laut.
 
Nalgae menuju ke Filipina utara, di mana kantor pertahanan sipil mengatakan hampir 5.000 orang dievakuasi dari daerah rawan banjir dan tanah longsor menjelang menerjang pada Sabtu atau Minggu.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif