Jokowi dan Iriana berfoto bersama Justin Trudeau di acara jamuan makan malam KTT G20 di Bali, 15 November 2022. (AFP PHOTO/Willy Kurniawan)
Jokowi dan Iriana berfoto bersama Justin Trudeau di acara jamuan makan malam KTT G20 di Bali, 15 November 2022. (AFP PHOTO/Willy Kurniawan)

Keberhasilan Presidensi G20 Indonesia Diapresiasi Pemuda Asia Afrika

Marcheilla Ariesta • 16 November 2022 06:23
Jakarta: Indonesia menggelar KTT G20 di Nusa Dua, Bali pada 15-16 November 2022. Banyak apresiasi yang diperoleh Indonesia atas keberhasilan penyelenggaraan KTT G20 ini, termasuk dari Pemuda Asia-Afrika (AAYG).
 
"Dari berbagai pertemuan baik bilateral maupun multilateral dengan negara lain dan membahas topik-topik strategis global seperti ekonomi, energi dan pangan menuju KTT G20, pemerintah Indonesia menunjukkan taring bahwa negara ini bisa dipercaya oleh dunia untuk terlibat dalam stabilitas ekonomi khususnya akibat Covid-19," kata Presiden AAYG, Respiratori Saddam Al-Jihad, dalam keterangan tertulis AAYG, Selasa, 15 November 2022.
 
Saddam juga menegaskan bahwa kesuksesan yang dicapai Indonesia sebagai presidensi G20, sejauh ini, tidak terlepas dari peran dan ketegasan Presiden Joko Widodo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengajak semua pihak untuk memberikan dukungan sebesar-besarnya kepada Presiden Jokowi agar pelaksanaan KTT G20 bisa berjalan lancar dan berdampak pada stabilitas ekonomi global dan nasional.
 
"Kita turut mendukung Pemerintah Indonesia dalam melaksanakan G20 dengan baik dan terlaksana secara damai. Di bawah kepemimpinan Bapak Joko Widodo, acara ini dapat berjalan lancar dan Indonesia mendapatkan kepercayaan dunia internasional dan pemulihan ekonomi global-nasional bisa tercapai," ujarnya.
 
Menurut Saddam, G20 yang di dalamnya terdapat 19 negara dan Uni Eropa dapat mewujudkan dunia yang lebih baik dan sejahtera, mengingat dampak negatif dari Covid-19 yang tidak terhindarkan. Apalagi ditambah dengan adanya situasi krisis Rusia dan Ukraina serta dinamika geopolitik dunia yang terus berlangsung.
 
"G20 memiliki kekuatan yang luar biasa ketika memang serius memperbaiki ekonomi global dari hantaman Covid-19 sebelumnya dan potensi krisis global. Bayangkan yang tergabung di dalamnya G20 merepresentasikan lebih dari 60 persen populasi bumi, 75 persen perdagangan global, dan 80 persen PDB dunia," sambung dia.
 
KTT G20 dimulai pada 15-16 November 2022 di Nusa Dua, Bali. Ini merupakan kali pertama Indonesia menjadi tuan rumah KTT tersebut.
 
Baca: Jokowi Jelaskan Makna Patung GWK kepada Para Pemimpin G20
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id.

 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif