Singapura menunggu kedatangan vaksin dari Sinovac dan Moderna. Foto: AFP
Singapura menunggu kedatangan vaksin dari Sinovac dan Moderna. Foto: AFP

Populer Internasional: Singapura Tunggu Vaksin Sinovac Hingga Dua WiNI di Kapal Tanker Korsel

Internasional iran korea selatan singapura Sinovac Berita Terpopuler Hari Ini Berita Terpopuler Internasional Hankuk Chemi
Fajar Nugraha • 05 Januari 2021 08:43
Singapura: Keberadaan vaksin menjadi sangat penting untuk melawan pandemi virus korona (covid-19). Singapura pun saat ini tengah menantikan pasokan vaksin dari Moderna dan Sinovac.
 
Kabar ini menjadi berita terpopuler Internasional Medcom.id, dan pemerintah Singapura pun menyebutkan akan menerima lebih banyak vaksin covid-19 dalam beberapa bulan ke depan.
 
Selain itu adapula kabar mengenai Iran yang menyita kapal tanker milik Korea Selatan. Diikuti, dua warga negara Indonesia turut ditahan dari kapal tanker Korsel yang disita Iran

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut kabar selengkapnya mengenai berita terpopuler Internasional Medcom.id:

1. Singapura Nantikan Pasokan Vaksin dari Moderna dan Sinovac

Singapura akan menerima lebih banyak vaksin virus korona (covid-19) dalam beberapa bulan kedepan. Menurut Menteri Kesehatan Gan Kim Yong, vaksin-vaksin yang akan datang termasuk dari perusahaan Amerika Serikat (AS), Moderna dan Tiongkok, Sinovac.
 
Pada Desember lalu, Singapura telah menerima pengiriman pertama vaksin Pfizer-BioNTech.
 
Gan menuturkan di Parlemen akan tersedia cukup vaksin untuk warga Singapura dan penduduk asing yang tinggal di sana hingga kuartal ketiga 2021. Pasokan ini akan aman jika semuanya berjalan sesuai rencana.
 
Kapan waktu ketibaan dari vaksin moderna dan Sinovac ke Singapura? Selanjutnya di sini.

2. Iran Sita Tanker Kimia Milik Korea Selatan

Garda Revolusi Iran menyita sebuah kapal tanker berbendera Korea Selatan di perairan Oman dan menahan awaknya. Ini menambah ketegangan antara Teheran dan Seoul atas dana Iran yang dibekukan di bank-bank Korea Selatan karena sanksi Amerika Serikat (AS).
 
Seoul mengkonfirmasi penyitaan sebuah kapal tanker kimia Korea Selatan oleh otoritas Iran di perairan Oman, dan menuntut pembebasannya segera.
 
Beberapa outlet media Iran, termasuk TV pemerintah mengatakan, angkatan laut Garda Revolusi menangkap kapal tersebut karena mencemari Teluk dengan bahan kimia.
 
Bagaimana kondisi dari kapal Korea Selatan itu? Selanjutnya di sini.


3. Dua ABK WNI Turut Ditahan dari Kapal Tanker Korsel yang Disita Iran

Sebanyak dua anak buah kapal (ABK) warga negara Indonesia (WNI) turut ditahan dari kapal tanker Korea Selatan (Korsel) pada 4 Januari 2021 di Iran. Korea Selatan pun mengirim pasukannya ke Selat Hormuz setelah kapal itu disita.
 
Pemerintah Korea Selatan mengatakan telah mengirim pasukan militer ke Selat Hormuz yang strategis setelah Korps Pengawal Revolusi Islam Iran, atau IRGC, menyita sebuah kapal tanker berbendera Korea Selatan itu. Pejabat di Seoul juga menuntut pembebasan segera kapal tersebut, yang menurut pihak berwenang Iran telah ditahan karena dugaan pencemaran laut.
 
Kementerian Luar Negeri Korea Selatan mengeluarkan pernyataan terkait kapal tanker kimia MT Hankuk Chemi. Kapal, yang menurut Iran membawa 7.200 ton "bahan kimia berbasis minyak", telah melakukan perjalanan dari Arab Saudi ke Uni Emirates Arab saat IRGC mengambil alih sekitar pukul 10.00 waktu setempat.
 
Bagaimana nasib dari kedua ABK WNI itu? Selanjutnya di sini.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif