Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana menerima Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan. Foto: BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana menerima Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan. Foto: BPMI Setpres

Kenakan Pakaian Adat Bali, Presiden Jokowi Jamu Kepala Negara G20 di GWK

Marcheilla Ariesta • 15 November 2022 19:15
Nusa Dua: Megahnya Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) menjadi pemandangan jamuan makan malam para tamu negara KTT G20 di Bali. Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Widodo tampak mengenakan pakaian adat Bali saat menyambut para tamu undangan.
 
Yang lebih menariknya lagi, para kepala negara bahkan memakai batik, lho! Tampak telah tiba di lokasi, mulai dari Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, hingga Perdana Menteri Tiongkok Xi Jinping.
 
Terpantau ada Presiden ke-5 Indonesia Megawati Soekarnoputri yang juga hadir dalam jamuan makan malam ini. Juga Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kenakan Pakaian Adat Bali, Presiden Jokowi Jamu Kepala Negara G20 di GWK
Presiden Joko Widodo bersama Presiden Tiongkok Xi Jinping. Foto: BPMI Setpres
 
Tidak ketinggalan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak juga tampak santai menghadiri jamuan makan itu. Tampak Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida akrab menyapa para tamu yang lain.
Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman tiba di lokasi. Dia tidak mengenakan batik seperti kepala negara lainnya.
 
Sementara Perdana Menteri India Narendra Modi juga turut hadir dengan baju batiknya. Modi duduk di samping Presiden Jokowi, bentuk penghormatan sebagai pemegang Presidensi G20 di 2023.
 
Setiap kepala negara yang hadir akan melewati barisan senjata. Setelah mengikuti karpet merah, mereka akan bertemu dengan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana.
 
Siang tadi, Ibu Negara Iriana mengajak para pendamping pemimpin G20 melihat kearifan lokal Indonesia. Para pendamping pemimpin G20 diajak menyaksikan demo kerajinan daun lontar, proses membatik hingga menenun.
 
Ibu Iriana juga turut menjelaskan salah satu alat musik tradisional yang ditampilkan untuk menyambut kedatangan para pendamping di tempat acara. Ia berharap para pendamping dapat menikmati waktu dengan baik selama ada di Bali.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif