PM baru Malaysia Anwar Ibrahim tolak pakai mobil mewah untuk dinas./AFP
PM baru Malaysia Anwar Ibrahim tolak pakai mobil mewah untuk dinas./AFP

Usai Tolak Gaji PM, Anwar Ibrahim Juga Ogah Pakai Mobil Dinas Mewah

Marcheilla Ariesta • 28 November 2022 17:51
Kuala Lumpur: Setelah menolak gaji sebagai Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim juga enggan memakai mobil dinas mewah yang dibeli sebelum ia berkuasa. Alasannya adalah untuk mengirit anggaran belanja negara.
 
"Kemarin, saya menolak menggunakan mobil Mercedes tipe S600 yang dibeli Departemen Perdana Menteri (JPM) sebelum saya menjadi PM," kata Anwar di akun Facebook resminya, dilansir dari The Star, Senin, 28 November 2022.
 
"Saya mengambil langkah ini karena tidak mau pengeluaran harus bertambah hanya karena saya. Jadi saya memutuskan untuk memakai kendaraan apa saja yang ada di kantor yang digunakan sehari-hari," sambungnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mercedes-Benz seri S600 ini sebenarnya sudah tidak diproduksi lagi. Meski demikian, harga mobil itu sekitar 1,7 juta ringgit (setara Rp5,96 miliar) saat pertama kali dibeli.
 
Penolakan ini menjadi langkah Anwar untuk menunjukkan keseriusannya memulihkan ekonomi nasional Negeri Jiran. Usai dilantik, dalam jumpa pers pertamanya, Anwar juga menolak menerima gaji sebagai perdana menteri.
 
Ia menambahkan, bakal memangkas gaji para menterinya. "Ukuran kabinet saya pasti akan lebih kecil dan saya minta kepada menteri baru untuk menyetujui proposal mengurangi gaji mereka," ujarnya.
 
Anwar menegaskan, fokus pemerintahannya adalah memulihkan ekonomi nasional Malaysia. Anwar dilantik pada 24 November lalu, usai melewati alotnya negosiasi untuk menggapai mayoritas kursi parlemen.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif