Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta

Kemenlu: Tak Ada Langkah Mengarah ke Normalisasi Hubungan dengan Israel

Marcheilla Ariesta • 22 September 2022 15:11
Jakarta: Sebuah artikel melaporkan bahwa pejabat senior Indonesia dan Pakistan bertemu dengan mitranya di Israel. Namun, hal tersebut dibantah keras Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI Teuku Faizasyah.
 
"Unik ya, seolah-olah ada normalisasi hubungan. Kalau kita ikuti sumber berita yang mengangkat artikel ini tidak jelas, mengacu sumber mana, tidak menjelaskan official tersebut," kata Faizasyah dalam jumpa pers virtual, Kamis, 22 September 2022.
 
"Tidak ada langkah-langkah mengarah ke normalisasi hubungan, posisi Indonesia tidak berubah, kita dahulukan penyelesaian damai Palestina-Israel, two state solution, hidup berdamaian dengan batas-batas yang jelas," tegasnya.
 
Baca: Delegasi Indonesia Diklaim Gelar 'Pertemuan Rahasia' di Israel, Benarkah?.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Faizasyah menambahkan, posisi yang ditekankan pemerintahan Indonesia adalah aspek kebijakan politik luar negeri. Sedangkan, lanjutnya, 'pejabat' yang dimaksud Israel tidak merepresentasikan Indonesia.
 
Pada Senin lalu, dilaporkan Delegasi diplomatik dari Pakistan dan Indonesia disebut-sebut sedang berada di Israel untuk menggelar "dialog rahasia" pekan ini. Laporan ini disampaikan situs berita Israel i24NEWS.
 
Delegasi Indonesia di Israel disebut-sebut dipimpin seorang "pejabat senior." Laporan kehadiran delegasi Indonesia di Israel ini merupakan yang kesekian kalinya muncul di pemberitaan media negara tersebut.
 
Sejumlah pihak menilai hubungan Indonesia dan Israel terindikasi sudah menjadi lebih dekat dalam beberapa bulan terakhir, terutama dalam kerja sama perdagangan
 
Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken juga pernah diberitakan menyebut adanya kemungkinan normalisasi hubungan diplomatik antara Indonesia dan Israel.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif