Duta Besar Iran untuk Indonesia, Mohammad Azad. Foto: Marcheilla Ariesta/Medcom.id
Duta Besar Iran untuk Indonesia, Mohammad Azad. Foto: Marcheilla Ariesta/Medcom.id

Peringati Hari Internasional Al-Quds saat Ramadan, Solidaritas Iran ke Palestina

Internasional Palestina ramadan Iran Masjid Al-Aqsa
Marcheilla Ariesta • 27 April 2022 10:55
Jakarta: Ada yang menarik dalam tradisi Ramadan di Iran. Setiap Jumat terakhir sebelum Idul Fitri, Iran memperingati Hari Internasional Al-Quds.
 
Duta Besar Iran untuk Indonesia, Mohammad Azad mengatakan, kegiatan yang diinisiasi Iran ini bertujuan untuk mendukung kemerdekaan Palestina dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan selama Ramadan.
 
"Lewat kegiatan ini, kita dapat menyampaikan solidaritas kepada rakyat Palestina yang tertindas, kita juga menolak upaya normalisasi hubungan dengan rezim Zionis Israel, seperti yang dilakukan banyak negara," tutur Azad, ditemui di kediamannya pada Selasa 26 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, tujuan Hari Internasional Al-Quds salah satunya menjadikan Palestina sebagai isu pertama dunia Islam. Saat ini, tutur Dubes Azad, isu Palestina sudah tidak lagi menjadi yang utama di negara-negara Islam.
 
"Kami (Iran) tentunya akan terus mendukung resistensi dan perlawanan Palestina melawan kezaliman, dan mengutuk tindakan ilegal rezim Zionis," sambung dia.
 
Menurut Dubes Azad, normalisasi hubungan negara-negara Islam dengan Israel adalah pengkhianatan terhadap hak dan cita-cita masyarakat Palestina.
 
"Upaya normalisasi menjadi alat untuk meperkokoh dan melanjutkan pendudukan ilegal rezim Zionis dan memperkuat pembentukan 'single state' di atas tanah Palestina," terangnya.
 
Di kesempatan yang sama, Iran memberikan usulan ke PBB agar seluruh pengungsi Palestina memiliki hak kembali ke tanah mereka. "Iran mengedepankan solusi yang demokratis dan adil untuk memuliakan hak bangsa Palestina," pungkasnya.

 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif